Instruktur Wasit FIFA Ungkap Seberapa Siap VAR Diterapkan di Championship Series Liga 1

Instruktur Wasit FIFA Ungkap Seberapa Siap VAR Diterapkan di Championship Series Liga 1 Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, turut memantau langsung uji coba VAR di Stadion Indomilk Arena. (LIB)

REPUBLIKBOBOTOH.COM - Uji coba penerapan Video Assistant Referee (VAR) kembali dilakukan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang dilaksanakan di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, pada 23-26 Maret 2024.

Dalam uji coba VAR yang disaksikan langsung Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, sebanyak 13 wasit VAR, 22 asisten wasit VAR serta 18 Replay Oparator (RO) ikut ambil bagian.

Uji coba VAR selama empat hari di Indomilk Arena dipimpin oleh instruktur wasit FIFA asal Malaysia, Subkhiddin Mohd Saleh yang mengatakan serangkaian uji coba penerapan VAR berjalan dengan lancar, sehingga sudah bisa digunakan pada babak Championship Series Liga 1 2023-2024.

Baca Juga : Daftar Pemain Bhayangkara FC yang Absen di Laga Kontra Persib, Dua Terjerat Skorsing

Subkhiddin menjelaskan, uji coba penerapan VAR para Selasa 26 Maret 2024 merupakan uji coba terakhir dari serangkaian beberapa uji coba sebelumnya.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


"Kami mengadakan final assessment untuk menilai kemampuan, kapabilitas, dan cara berkomunikasi mereka dengan wasit yang ada di lapangan. Hasilnya sangat baik dan saya katakan lulus," kata Subkhiddin dikutip dari laman PT LIB.

Uji coba ini menjadi langkah penting dalam memperkenalkan teknologi VAR ke dalam kompetisi sepak bola. Dengan melibatkan para wasit VAR, AVAR, dan Replay Operator, diharapkan penggunaan VAR dapat memberikan kontribusi positif dalam meminimalisir kesalahan dalam pertandingan sepak bola.

Baca Juga : Banyak Pemain Absen, Bojan Hodak Siapkan Rotasi Pemain

Dalam uji coba ini, para peserta mengikuti berbagai skenario pertandingan dan situasi yang memerlukan intervensi VAR.

"Diharapkan melalui uji coba ini, para wasit dan replay operator akan semakin terampil dalam menggunakan teknologi VAR untuk memastikan keputusan yang diambil selama pertandingan sepak bola menjadi lebih akurat dan adil," ungkap Direktur Operasional LIB, Asep Saputra.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini