Jumlah Kuota Pemain Asing Liga 1 2024-2025 Bertambah, Bojan Hodak Buka Suara

Jumlah Kuota Pemain Asing Liga 1 2024-2025 Bertambah, Bojan Hodak Buka Suara Dua penyerang Persib Bandung David Da Silva dan Ciro Alves. (Adam Husein/Republik Bobotoh)

RBCOM - Sejumlah regulasi baru akan mulai digunakan pada kompetisi Liga 1 2024-2025. Dari sederet regulasi, terdapat aturan baru soal perubahan kuota penggunaan pemain asing dari 6 pemain menjadi 8 pemain.

Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak angkat bicara soal adanya regulasi tersebut. Ia merasa perubahan regulasi tersebut dapat memberi dampak besar, salah satunya untuk meningkatkan persaingan bagi pemain lokal.

"Ya ada dua pemain asing baru yang mana itu akan membawa tambahan kualitas. Jadi jika mendatangkan pemain asing baru yang bagus tentu ini akan jadi lebih sulit bagi pemain lokal untuk masuk (skuad utama)," ujar pelatih asal Kroasia tersebut.

Baca Juga : Beckham Putra Sebut Gelar Juara Ibarat Bonus dari Kerja Keras Persib

Namun dampak besarnya akan menyentuh terhadap mutu dan kualitas kompetisi di Indonesia. Hal itu tentu akan membuat pemain lokal menjadi jauh lebih bekerja keras agar mampu mengimbangi kualitas dari para pemain asing.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


"Di waktu yang bersamaan, ini menambah kualitas dari liga. Jadi pemain lokal harus bisa lebih bagus untuk menjadi sebelas pemain pertama, artinya mereka juga akan meningkatkan standarnya," terangnya.

Tak hanya itu, lebih jauh lagi dampaknya bisa menyentuh wajah dari Timnas Indonesia ke depan. Ia yakin penambahan kuota pemain asing ini bisa meningkatkan kualitas Timnas Indonesia karena para pemain lokal dituntut untuk menyaingi kualitas dari para pemain asing.

"Tentu ini juga akan bagus untuk tim nasional, jadi bagi saya liga ini akan lebih kuat yang mana ini bagus," tutupnya.

Baca Juga : Bojan Hodak Pastikan 90 Persen Pemain Persib Akan Dipertahankan, Siapa Saja?

Sebelumnya PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan kuota pemain asing ditambah menjadi 8 dengan skema 6 pemain asing bebas dari zona atau konfederasi mana pun dan dua pemain asing Asia.

Meski ditambah menjadi 8, PT LIB tetap memberikan batasan, yang mana tim tidak bisa menurunkan semua pemain asingnya secara bersamaan.

Ketentuannya pemain asing yang bisa jadi starter adalah 6 orang, 5 pemain asing bebas dari negara manapun dan 1 pemain asing Asia. Artinya ada dua pemain asing yang harus duduk di bangku cadangan.***

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Raffy Faraz | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini