Seperti Apa Penentuan Juara Liga 1 jika Persib dan Bali United Memiliki Poin Sama?

Seperti Apa Penentuan Juara Liga 1 jika Persib dan Bali United Memiliki Poin Sama? Henhen Herdiana terlibat perebutan bola dengan pemain Bali United, Eber Bessa. (MO Persib)

REPUBLIK BOBOTOH - Bali United di ambang juara Liga 1 musim 2021-2022 dan hanya butuh hasil imbang di pertandingan berikutnya lawan Persebaya Surabaya pada pekan 33.

Meski di pekan terakhir kalah dari Persik Kediri dan Persib bisa meraih kemenangan di dua laga terakhir atas Persik maupun Barito Putera, tetapi Bali United tetap akan tampil jadi jawara Liga 1 musim ini.

Skenario lain adalah Bali United kalah dari Persebaya dan imbang lawan Persik Kediri, serta Persib menang atas Persik dan Barito.

Dengan skenario seperti itu, maka di akhir musim jumlah poin yang dimiliki Bali United dan Persib bakal sama yakni 73 angka.

BACA JUGA: Meski Tipis, Begini Skenario yang Bisa Bikin Persib Juara Liga 1


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


BACA JUGA: Jelang Hadapi Persib, Persik Punya CEO Baru, Ini Sosoknya

Namun sesuai regulasi Liga 1 musim 2021-2022 yang tertuang dalam Pasal 9 poin 4 tentang Sistem Kompetisi, disebutkan penentuan peringkat di klasemen jika ada dua tim atau lebih memiliki poin yang sama akan ditentukan berdasarkan head to head.

Secara head to head, Bali United unggul atas Persib musim ini. Pada pertemuan pertama berakhir imbang 2-2, sementara di putaran kedua Bali United menang 1-0.

Sementara aturan selisih gol atau produktivitas gol, nilai fair play, bahkan hingga pilihan terakhir lewat undian baru diterapkan jika di antara semua aturan dalam penentuan peringkat gugur atau tak bisa digunakan.

Dalam kasus penentuan peringkat Persib dan Bali United jika kedua tim memiliki poin yang sama di akhir musim, dipastikan aturan yang dipakai adalah head to head dan Bali United lebih unggul dari Persib.

Kans Persib untuk jadi juara masih terbuka meski tipis, selain harus menang atas Persik dan Barito, Bali United juga harus selalu kalah dalam dua laga terakhir kontra Persebaya dan Persik.

Berikut regulasi lengkap tentang penentuan peringkat di klasemen yang tertuang dalam Pasal 9 poin 4 tentang Sistem Kompetisi Regulasi Liga 1 musim 2021-2022:

Penentuan peringkat di Klasemen ditentukan sebagai berikut:

a. jumlah poin yang diperoleh Klub dari hasil Pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan;

b. apabila terdapat dua Klub atau lebih memiliki jumlah poin yang sama, maka penentuan peringkat ditentukan berdasarkan kriteria-kriteria dan urutan sebagai berikut:

head-to-head dengan urutan kriteria:

a) jumlah poin yang lebih tinggi didapat masing-masing Klub dari Pertandinganpertandingan yang telah dimainkan hanya di antara Klub-klub terkait yang memiliki jumlah poin yang sama;

b) selisih gol yang lebih baik dari masing-masing Klub dari Pertandinganpertandingan yang telah dimainkan hanya di antara Klub-klub terkait yang memiliki jumlah poin yang sama;

c) jumlah gol memasukkan masing-masing Klub dari Pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan hanya di antara Klub-klub terkait yang memiliki jumlah poin yang sama dengan tidak memperhitungkan keuntungan away goal;

Jika prosedur head-to-head ini tetap tidak dapat menetapkan peringkat bagi tim yang memiliki jumlah poin yang sama, maka berlaku tie-breaker, yakni diberlakukan kembali prosedur poin a) sampai c) di atas, khusus untuk dua tim atau lebih yang memiliki jumlah poin yang sama. Jika tie-breaker ini pun tidak bisa menetapkan peringkat karena masih memiliki hasil yang sama, maka semua perhitungan yang terjadi dari hasil prosedur head-to-head dan tie-breaker tersebut ditiadakan dan dikembalikan ke posisi sebelum prosedur head-to-head dijalankan, selanjutnya berlaku ketentuan berikut:

c. selisih gol klub-klub terkait dalam seluruh pertandingan yang telah dimainkan;

d. jumlah gol memasukkan dari masing-masing Klub dalam seluruh pertandingan yang telah dimainkan;

e. Nilai lebih rendah dari hasil perhitungan perolehan kartu kuning dan kartu merah dalam seluruh pertandingan (sesuai dengan Lampiran 1 Penentuan Peringkat Fair Play);

f. undian, dengan mekanisme yang akan ditentukan oleh LIB.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini