Ungkap Kelebihannya, Ini Alasan Robert Alberts Lebih Sering Datangkan Pemain Asing Yang Belum Pernah Merumput di Indonesia

Ungkap Kelebihannya, Ini Alasan Robert Alberts Lebih Sering Datangkan Pemain Asing Yang Belum Pernah Merumput di Indonesia Pelatih Persib Robert Alberts (Adam Husein/Republik Bobotoh)

REPUBLIK BOBOTOH - Sejak resmi mengisi jabatan pelatih kepala pada tahun 2019, pelatih Persib, Robert Alberts selalu mencari pemain asing yang belum pernah berkarir di Indonesia. Hanya ada dua pemain nama yang ia rekrut dari sesama tim Liga 1, yakni Ciro Alves dan David Da Silva, yang sebelumnya pernah membela Persebaya.

Pada musim pertamanya menangani Persib, Robert Alberts datang untuk menggantikan posisi Miljan Radovic. Selama menangani tim di tahun 2019, ia mulai membangun skuad di pertengahan musim dengan merekrut 3 pemain asing dan mendepak 3 pemain asing sebelumnya.

Ketiga pemain asing tersebut ialah Omid Nazari, Kevin Van Kippersluis, dan Nick Kuipers. Ketiganya menggantikan peran Rene Mihelic, Bojan Malisic, dan Artur Gevorkyan.

Baca Juga : 2 Pemain Asia yang Dipantau Persib Bakal Terbang ke Mongolia

Setelah musim 2019 usai, Persib kembali membangun skuadnya dengan mendepak Kevin van Kippersluis, dan Ezechiel Ndouassel. Sebagai gantinya, Robert Alberts kembali membawa 2 pemain yang belum pernah berkarir di Indonesia dengan tipikal menyerang, seperti Geoffrey Castillion dan Wander Luiz.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Selepas itu di musim 2021/2022, Persib kembali merekrut pemain asing asal Palestina, Mohammed Rashid. Ditambah dengan duet samba lainnya yakni David da Silva dan Bruno Cantanhede.

Di musim ini, Persib secara resmi tak melanjutkan kerjasamanya dengan Rashid dan Bruno. Sebagai gantinya Maung Bandung mendatangkan Ciro Alves dan akan menyeleksi sejumlah pemain asing untuk mengisi kuota pemain asing Asia.

Robert Alberts menjelaskan merekrut pemain asing harus dilakukan secara baik dan terukur. Pasalnya keberadaan pemain asing masih sangat diperlukan oleh Persib.

Dengan merekrut pemain yang belum pernah mencicipi kompetisi di Indonesia, pelatih asal Belanda itu menjelaskan, permainan dan penampilan pemain tersebut belum diketahui pemain lain. Sehingga akan sulit bagi pemain di Liga 1 untuk mengantisipasi kinerja dari pemain asing tersebut.

"Apa kelebihannya membawa pemain asing dari luar Indonesia adalah dia belum diketahui (permainannya) oleh tim lain. Jadi dia menyuntikan kualitas baru dan belum diketahui tim lain dan itu adalah suatu keuntungan,"

"Jika kami merekrut pemain dari tim lain, tentu kami juga memantaunya. Namun jika merekrut pemain dari luar, mereka belum diketahui oleh tim lain," ujar pria berusia 68 tahun itu.

Namun secara garis besar, Robert Alberts tetap mencari pemain yang terbaik untuk diboyong ke tim Persib. Apalagi tujuan utamanya dalam setiap bursa transfer ialah mencari pemain asing berkualitas yang belum pernah merumput di Indonesia untuk memperkuat Persib.

Baca Juga : Drawing Sudah, tapi Nama Turnamen Pramusim Belum Ditentukan, Begini Kata Ketum PSSI

"Jika mendapat pemain yang lebih bagus dari sebelumnya, tentu itu menjadi tujuan. Tapi jika menemukan pemain asing dari luar Indonesia yang kualitasnya lebih baik pemain yang saat ini sudah berada di Indonesia, itu menjadi opsi pertama," tutup Robert Alberts.

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Raffy Faraz | Editor: Helmi M Permana

Piksi

Berita Terkini