Daftar Pemain Asia di Liga 1, Jepang Mendominasi, Bagaimana dengan Persib?

Daftar Pemain Asia di Liga 1, Jepang Mendominasi, Bagaimana dengan Persib? Ilustrasi Liga 1. (Adam Husein/Republikbobotoh.com)

REPUBLIK BOBOTOH - Fenomena pemain asing Asia asal Jepang kini melanda sepak bola Indonesia. Mayoritas klub-klub kontestan Liga 1 musim 2022-2023 memilih memakai jasa pemain asal Jepang.

Kiprah Taisei Marukawa yang mengundang decak kagum penggemar sepak bola Indonesia bersama Persebaya Surabaya di Liga 1 musim 2021-2022, rupanya langsung atau tidak telah mendorong sejumlah klub Liga 1 untuk memboyong pemain asal negeri matahari terbit.

Bukan hanya Taisei Marukawa, pemain asal Jepang yang musim lalu beredar di Indonesia juga menunjukkan etos kerja di lapangan yang cukup baik.

Tidak heran jika mereka kemudian dipertahankan oleh klubnya seperti Renshi Yamaguchi di Arema FC dan Kei Hirose di Borneo FC Samarinda.

Baca Juga : Jadwal Turnamen Pramusim 2022, Kick-off dari Stadion Manahan


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Menjelang bergulirnya Liga 1 musim 2022-2023, sejumlah pemain anyar asal Jepang kembali datang ke Indonesia.

Terbaru, dilakukan klub promosi Liga 1, RANS Nusantara FC yang mendatangkan Kodai Iida dan Barito Putera yang resmi mengenalkan Ryota Noma.

Wajah baru asal Jepang lainnya adalah Sho Yamamoto yang diproyeksikan Persebaya untuk menggantikan Taisei Marukawa yang pindah ke PSIS Semarang.

Bhayangkara FC juga memilih beralih ke Jepang dan dikabarkan akan segera mengumumkan perekrutan Katsuyoshi Kimishima.

Baca Juga : Update Transfer Liga 1: Dewa United Resmi Gaet Pemain Asing Pertama

Lalu Persikabo Bogor juga dirumorkan tengah melakukan pendekatan kepada pemain asal Jepang, Nagasawa Ryosuke untuk mengisi slot pemain asing Asia.

Sementara Persib juga melirik pemain asal Jepang, tetapi belum menentukan pilihan karena memilih untuk menyeleksinya.

Pemain seleksi asal Jepang pertama yang trial di Persib adalah Ryohei Miyazaki, tetapi gagal memikat pelatih Robert Alberts hingga dipulangkan.

Persib rencananya akan kembali menyeleksi pemain asal Jepang. Tetapi Persib pun menjadwalkan seleksi untuk pemain asal Filipina dan Korea Selatan.

Beberapa yang santer dirumorkan adalah gelandang serang Timnas Filipina, Mark Hartmann dan pemain blasteran Filipina-Belgia, Dylan De Bruycker.

Baca Juga : Tiket VIP Persib vs Tanjong Pagar Sold Out, Tersisa untuk Timur, Begini Cara Pembeliannya

Setelah Jepang, sejauh ini pemain asing Asia asal Korea Selatan jadi yang terbanyak kedua.

Di antaranya Katsuyoshi Kimishima (Persita Tangerang) dan Le Rae Jun (Madura United). Bahkan, Madura United bisa saja memiliki dua pemain asal Korea Selatan jika proses naturalisasi Lee Yu Jun belum kelar sampai kompetisi resmi digelar.

Beberapa klub memakai lebih dari satu pemain asing Asia yakni Borneo FC yang selain memakai Kei Hirose juga tetap mempertahankan Javlon Guseynov dari Uzbekistan.

Baca Juga : Persib di Grup Neraka Turnamen Pramusim, Begini Kata I Made Wirawan

Lalu PSIS Semarang, selain menggaet Taisei Marukawa, Mahesa Jenar juga mempertahankan pemain berpaspor Palestina kelahiran Chili, Jonathan Cantillana.

Berikut daftar sementara pemain asing Asia yang beredar di Liga 1:

Persib (-), Persebaya (Sho Yamamoto/Jepang), Bali United (Brwa Nouri/Irak), Bhayangkara FC (Katsuyoshi Kimishima/Jepang), Arema (Renshi Yamaguchi/Jepang), Persik Kediri (Rohit Chand/Nepal), Borneo FC Samarinda (Javlon Guseynov/Uzbekistan dan Kei Hirose/Jepang), Barito Putera (Ryota Noma/Jepang), Madura United FC (Le Rae Jun/Korea Selatan), PSIS Semarang (Jonathan Cantillana/Palestina dan Taisei Marukawa/Jepang), Persija (-), PSS Sleman (-), Persita (Bae Sin-yeong/Korea Selatan), PSM Makassar (-), Persikabo (-), RANS Nusantara FC (Kodai Iida/Jepang), Dewa United (-), Persis Solo (-).**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini