Profil Kiper Persib Fitrul Dwi Rustapa yang Bikin Bhayangkara FC Frustrasi, Pesaing Teja Paku Alam

Profil Kiper Persib Fitrul Dwi Rustapa yang Bikin Bhayangkara FC Frustrasi, Pesaing Teja Paku Alam Kiper Persib, Fitrul Dwi Rustapa. (Adam Husein/Republik Bobotoh)

REPUBLIK BOBOTOH - Fitrul Dwi Rustapa kiper Persib Bandung yang kini menjadi sorotan Bobotoh setelah penampilan gemilangnya saat berhadapan dengan Bhayangkara FC di laga pamungkas Grup C Piala Presiden 2022, di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang Kabupaten Bandung, Selasa 21 Juni 2022.

Tampil apik di dua laga, Fitrul pun mendapatkan banyak sanjugan dari berbagai pihak, setelah melakukan beberapa penyelamatan pentingnya dan menjaga gawang Pangeran Biru tetap bersih dari kebobolan.

Simak profil dan biodata Fitrul Dwi Rustapa. Persib pertama mendaratkan Fitrul Dwi Rustapa di musim kompetisi Liga 1 2022/2023.

Persib resmi mengumumkan kedatangan eks penjaga gawang Persipura Jayapura itu untuk mengisi pos yang ditinggalkan M Natsir yang memutuskan hengkang.

Baca Juga : David Da Silva Ajak Bobotoh Berdonasi untuk Keluarga Ahmad Solihin dan Sofiana Yusuf


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Fitrul direkrut Persib usai kontraknya bersama Persipura Jayapura berakhir. Kedatangan Fitrul diumumkan secara resmi melalui sebuah unggahan dalam akun Instagram resmi Persib Bandung, @persib.

Kiper asal Bungbulang, Garut ini dikontrak Persib dengan durasi satu tahun dan opsi perpanjangan satu tahun. Di Persib, Fitrul akan bersaing dengan pemain terbaik Persib tahun lalu, Teja Paku Alam. Fitrul juga bakal saling sikut dengan I Made Wirawan.

Kedatangan Fitrul diharapkan bisa membawa angin segar bagi Persib. Benar saja, diturunkan dalam dua pertandingan turnamen Piala Presiden 2022.

Penampilannya cukup apik sebagai benteng terakhir menjadi langganan Persib di ajang pra musim Piala Presiden 2022.

Kiper berusia 27 tahun itu berhasil menjadi langganan Robert Rene Alberts hingga laga terakhir penyisihan Grup C Piala Presiden 2022, melawan Bhayangkara FC yang berakhir untuk kemenangan Persib 1-0.

Baca Juga : Mewakili Persib, Umuh Akui Sudah Sampaikan Permintaan Maaf Kepada Keluarga Korban

Jejak Karier Fitrul

Fitrul diketahui lahir pada 5 Juni 1995 di Garut. Kiper berusia 26 tahun itu merupakan warga Kecamatan Bungbulang, yang berada di pelosok selatan Kabupaten Garut.

Fitrul sendiri diketahui tak pernah membela klub kebanggaan warga Garut, Persigar. Namun, dia diketahui sempat masuk ke dalam tim sepak bola Pekan Olahraga Daerah (Porda) Garut sekitar tahun 2015 silam.

Fitrul membela dua klub Liga 1 sejak 2017 lalu. Karier pertamanya di Liga 1 terjadi pada 2017. Saat itu, dia dipinang Persegres Gresik United.

Selama satu musim membela Persegres, Fitrul yang kala itu berusia 22 tahun tampil 15 kali dan bersaing dengan sejumlah penjaga gawang hebat di Persegres seperti Choirun Nasirin, Aji Saka, dan Satria Tama.

Namun sayang, di musim tersebut, Fitrul dan Persegres harus rela terdegradasi. Inkonsistensi permainan dan rapuhnya lini pertahanan membuat Persegres kebobolan 104 gol kala itu.

Akibatnya, mereka harus rela turun kasta ke Liga 2 dengan menempati peringkat juru kunci di bawah Persiba Balikpapan dan Semen Padang yang juga terdegradasi.

Baca Juga : Meski Tak Sebanding, David Da Silva Persembahkan Gol untuk Ahmad Solihin dan Sofiana Yusuf

Usai membela Persegres, Fitrul bermain untuk Persipura Jayapura. Selama empat musim bermain di Persipura, Fitrul bermain 26 kali. Ke-26 pertandingan itu seluruhnya dijalani Fitrul di musim keempatnya.

Musim keempat adalah yang terbaik bagi Fitrul. Penampilannya yang apik mengawal jala gawang Persipura membuat dia menyingkirkan kiper senior Dede Sulaeman dari posisi inti penjaga gawang.

Namun lagi-lagi, akibat ketidakstabilan Persipura Jayapura di musim lalu, membuat mereka harus rela turun kasta ke Liga 2. Fitrul pun akhirnya merasakan degradasi untuk kedua kali.

Bersama Persib, Fitrul didatangkan untuk melengkapi susunan pemain di posisi penjaga gawang musim depan, usai Persib melepas tiga penjaga gawang mereka M Natsir, Dhika Bhayangkara, dan Aqil Savik.

Meskipun kemungkinan besar Fitrul hanya akan menjadi penjaga gawang pelapis bagi Persib Bandung, namun ternyata catatan statistik yang ditorehkan Fitrul tak kalah dari Teja Paku Alam musim lalu.

Musim lalu adalah musim terbaiknya bersama Persipura di Liga 1 musim 2021-2022, Fitrul Dwi Rustapa diketahui tampil sebanyak 26 pertandingan dengan 2.340 menit bermain.

Baca Juga : Robert Bantah Anggapan Persib Tampil Total di Piala Presiden 2022

Dia diketahui menorehkan catatan 80 kali penyelamatan bersama Persipura musim lalu. Jumlah tersebut hanya berbeda satu angka dengan Teja Paku Alam yang mengumpulkan sebanyak 81 kali penyelamatan bersama Persib selama semusim.

Pesan Passos untuk Fitrul

Tampil apik di dua laga Piala Presiden melawan Persebaya Surabaya dan Bhayangkara FC, Fitrul pun mendapatkan banyak sanjugan dari berbagai pihak. Namun, pelatih kiper Luizinho Passos tak ingin Fitrul terlena dengan sanjungan tersebut.

“Saya ingin Fitrul tetap rendah hati. Jangan merasa puas dengan pencapaian ini. Saya selalu mengatakan kepada Fitrul dan ini berlaku juga untuk semua kiper. Saya ingatkan, perjalanan masih sangat panjang,” tegas Luizinho Passos dinukil dari laman resmi Persib.

Luizinho pun ingin tetap semua kiper bekerja ekstra untuk membantu Persib meraih hasil terbaik di semua ajang.

“Yang terpenting bagi saya, semua kiper harus tetap fokus dalam berlatih. Siapapun kipernya, dia harus bisa bekerja keras dan membawa tanggung jawab untuk Persib,” tuntasnya.

Baca Juga : Ini Penyebab Nick Kuipers Tak Masuk Starter Persib vs Bhayangkara FC

Berikut profil dan biodata Fitrul Dwi Rustapa, kiper Persib Bandung:

Nama : Fitrul Dwi Rustapa

Tanggal Lahir : 5 Juni 1995

Tempat Lahir : Garut

Usia : 27 Tahun

Tinggi : 177 cm

Posisi : Kiper

Kaki Terkuat : Kanan

Klub Saat Ini : Persib Bandung

Itulah Profil dan Biodata Fitrul Dwi Rustapa, mantan pemain Persipura Jayapura yang pernah menorehkan catatan 80 kali penyelamatan .**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini