Didukung Pemerintah, Indonesia Ajukan Diri jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Didukung Pemerintah, Indonesia Ajukan Diri jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023 Mochamad Iriawan pada acara Kongres Biasa PSSI yang digelar di Bandung beberapa waktu lalu. (Adam Husein/Republik Bobotoh)

REPUBLIK BOBOTOH - Mundurnya Tiongkok sebagi tuan rumah Piala Asia 2023 membuat AFC mengajukan penawaran kepada semua negara untuk menjadi tuan rumah event akbar sepak bola Asia tahun depan.

Indonesia sebagai salah satu negara yang masuk dalam asosiasi akan mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 usai mendapat dukungan dari pemerintah.

AFC memberikan tenggat waktu kepada seluruh negara yang berminat menjadi tuan rumah turnamen untuk melengkapi persyaratan hingga akhir Juni 2022.

Baca Juga : Marc Klok Sedih dan Sakit Hati, Penantian Panjangnya Tertunda

Sebelumnya Indonesia melalui PSSI masih mengkaji untuk ikut bidding Piala Asia 2023. Sebab, penyelenggaraan Piala Asia 2023 berdekatan dengan berakhirnya Piala Dunia U-20 yang diselenggarakan di Indonesia.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


"Setelah PSSI berkoordinasi dengan pemerintah dalam hal ini Kemenpora, akhirnya PSSI resmi mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. PSSI pun mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dalam hal ini Menpora Zainudin Amali yang telah mendukung rencana ini," ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dikutip dari laman resmi PSSI.

"Semua persyaratan yang diminta oleh AFC segera kita siapkan dan akan kita kirimkan secepat mungkin,’’ imbuh Iriawan.

Sementara itu, Menpora Zainudin Alami mengatakan, PSSI sudah menyampaikan permohonan untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023.

Ia menambahkan, pemerintah akan mendukung langkah yang diputuskan oleh PSSI tersebut.

"Ada permohonan dari PSSI untuk jadi tuan rumah Piala Asia. Pemerintah sudah setuju dan mempersilakan jadi tuan rumah. "Hasilnya seperti apa [dilihat nanti], karena Korea [Selatan], Jepang, dan Australia juga mengajukan. Kita mendukung PSSI jika mau jadi tuan rumah," kata Menpora.

"Saya langsung laporkan Presiden untuk meminta arahan. Kata beliau menyampaikan, silahkan kita mengajukan diri," pungkasnya.

Sejauh ini sudah ada 4 negara yang mengajukan diri menjadi tuan rumah, yakni Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Qatar.

Diketahui, Jepang dan Korea Selatan pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002. Jepang salah satu negara yang memiliki infrastruktur stadion bagus .

Baca Juga : Reaksi Kaget Pelatih PS Sleman Soal Jadwal Baru Lawan Persib di 8 Besar Piala Presiden

Selain itu, Jepang juga punya pengalaman menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002 bersama Korea Selatan. Ada juga turnamen rugby global pada 2019 dan turnamen sepak bola Olimpiade Tokyo 2020 yang digelar tahun lalu.

Demikian juga dengan Korea Selatan dan Australia pun memiliki infrastruktur stadion yang bagus. Apalagi Qatar yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Tak hanya punya stadion yang bagus, mereka juga sangat siap menyambut peserta Piala Dunia.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Helmi MP | Editor: Helmi M Permana

Piksi

Berita Terkini