Polda Jabar Jelaskan Alasan Batasi Kapasitas Stadion GBLA saat Laga Kandang Persib

Polda Jabar Jelaskan Alasan Batasi Kapasitas Stadion GBLA saat Laga Kandang Persib Ilustrasi, antrean bobotoh di pintu masuk Stadion GBLA. (MO Persib)

REPUBLIK BOBOTOH - Niat Persib Bandung menggunakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) sebagai home base di Liga 1 musim 2022-2023, dipastikan terwujud.

Itu setelah Polda Jawa Barat memberikan lampu hijau kepada Persib untuk memakai Stadion GBLA, didukung dengan rekomendari dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Meski Persib mendapat rekomendasi untuk memaksimalkan kapasitas Stadion GBLA yang bisa menampung 38 ribu penonton, tetapi Polda Jabar hanya mengizinkan sebanyak 75 persen atau sekira 29 ribu tempat duduk.

Baca Juga : Selain I Made Wirawan, PSIS Sempat Ngebet Datangkan Kiper Persebaya

Hal itu berkaitan dengan kebijakan PPKM level 1 di Kota Bandung seiring dengan kembali meningkatnya kasus Covid-19 meski angkanya tak signifikan.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


"Tetapi karena ini masih PPKM, sehingga kami menyesuaikan 75 persen dari kapasitas sepenuhnya, sehingga bisa menampung 29 ribu," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo dikutip dari laman JPNN, Selasa 19 Juli 2022.

Walaupun hanya 75 persen, tetapi dibandingkan saat menjadi tuan rumah Piala Presiden 2022, jumlah ini jauh lebih banyak yang hanya 40 persen atau sekira 15 ribu.

Baca Juga : Update Transfer Liga 1: PSS Resmi Datangkan Bek Pengganti Mario Maslac

Penggunaan Stadion GBLA sebagai home base Persib di Liga 1 musim 2022-2023, sempat menuai pro dan kontra karena stadion di Kecamatan Gedebade itu, dinilai tak cukup menunjang dari sisi keamanan bagi penonton.

Sejumlah masalah terkait keamanan beberapa kali terjadi di Stadion GBLA, seperti terjadi pada 17 Juni 2022 lalu, saat penonton berdesak-desakan masuk ke dalam tribune hingga mengakibatkan 2 orang meninggal dunia.

Isu lain terkait keamanan yang kerap dikeluhkan penonton adalah biaya parkir yang mahal dan jaminan keamanan kendaraan, karena laporan kehilangan terbilang tinggi.

Baca Juga : PSSI, LIB dan Polri Matangkan Koordinasi Jelang Kick-off Liga 1

Juga fasilitas Stadion GBLA seperti kondisi bangunan yang rusak di beberapa titik, dan fasilitas umum seperti toilet yang tak berfungsi.

Persib akan melakoni laga kandang pertama melawan Madura United pada Sabtu, 30 Juli 2022 mendatang.

Sementara laga perdana Persib di Liga 1 musim 2022-2023 adalah melawan Bhayangkara FC pada Minggu 24 Juli 2022 di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini