Ciro Alves Dipaksakan Main? Ini Penjelasan Dokter Persib

Ciro Alves Dipaksakan Main? Ini Penjelasan Dokter Persib Ciro Alves. (Adam Husein/Republik Bobotoh)

REPUBLIK BOBOTOH - Penantian bobotoh melihat aksi Ciro Alves bersama Persib di laga resmi, akhirnya terpenuhi, setelah striker Brasil itu, tampil di laga kontra Madura United pada pekan kedua Liga 1 2022/2023.

Ciro Alves masuk di menit 87 menggantikan Robi Darwis dalam pertandingan yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lauta Api (GBLA), Kota Bandung, pada Sabtu, 30 Juli 2022.

Meski hanya tampil selama beberapa menit, Ciro Alves mampu memberikan sedikit warna dalam permainan Persib. Sayangnya keberadaan Ciro Alves di lapangan belum mampu mengubah hasil akhir dan Persib harus menanggung malu setelah menelan kekalahan 1-3 dari Madura United.

Baca Juga : Jacksen Tiago Jawab Kabar Goda Marc Klok Tinggalkan Persib, Begini Katanya

Bermainnya Ciro Alves di pertandingan Persib vs Madura United, di luar perkiraan sebelumnya. Sebab pelatih Robert Alberts pun menargetkan Ciro Alves baru dimainkan saat hadapi Borneo FC pada pekan ketiga Liga 1.

Dokter tim Persib, M. Rafi Ghani menjelaskan, sebenarnya kondisi penyerang asal Brasil itu, terus menujukkan progres positif. Terutama cedera pada bagian bahu yang dinilai Rafi mengalami perubahan cukup signifikan.

Namun Rafi menambahkan kondisi Ciro Alves perlu ditingkatkan karena absen selama beberapa pekan. Apalagi otot pada bagian bahu dari Ciro mengalami penurunan dan perlu ditingkatkan lagi.

Baca Juga : Ricky Kambuaya Harus Jalani Serangkaian Pemeriksaan Sebelum Kembali Berlatih

"Kalau Ciro Alhamdulillah dari tulang yang patahnya kembali ada pembentukan jadi sudah bagus cuma memang waktu saat pemulihan ada bagian tangan yang cedera kan bergeraknya dibatasi, nah saat dibatasi ada kekuatan otot lengan itu berkurang," kata Rafi kepada awak media pada Senin, 1 Agustus 2022.

Menurunnya kekuatan otot di area cedera juga membuat gerakan lengan Ciro Alves menjadi terbatas. Apalagi penguatan otot perlu dilakukan, guna melindungi tulang bahu yang masih rentan dari cedera.

"Saat berkurang memang sekarang konsentrasi kita mau melakukan penguatan di bagian otot supaya kaya dulu lagi karena riskan kalau terjatuh nahan bagian ototnya belum kuat. Tapi kalau secara pemeriksaan x-ray sudah bagus," tambahnya.


Baca Juga : Kabar Baik Datang dari Febri Hariyadi Jelang Persib Hadapi Borneo FC

Rafi memastikan keterlibatan Ciro Alves di laga kontra Madura United tidak dipaksakan karena ada alasan logis memainkan striker berusia 32 tahun itu.

Dijelaskan Rafi, Ciro Alves dimainkan di laga tersebut, sebagai upaya staf pelatih dalam mebangun motivasi kepada pemain yang mengalami cedera panjang.

Pasalnya, Rafi menuturkan kepercayaan diri dan performa pemain akan meningkatkan seiring dengan meningkatnya motivasi.

Baca Juga : Kabar Baik Datang dari Febri Hariyadi Jelang Persib Hadapi Borneo FC

"Kemarin dimasukkan ke line up itu maksud tujuannya hanya untuk memotivasi dia agar meningkatkan semangat dia supaya untuk melakukan rehabilitasi lebih cepet lagi," jelas Rafi.

"Jadi semangat lagi kan. Memang itu pembicaraan saya dengan tim pelatih karena rencana kita sepetti itu untuk menghilangkan trauma," tutupnya.

Melihat situasi dan kondisi saat ini, Ciro Alves bukan tak mungkin bakal menjadi pilihan pertama ketika Persib menghadapi Borneo FC pada pekan ketiga Liga 1 musim 2022-2023, Minggu 7 Agustus 2022 mendatang.**

Penulis: Raffy Faraz | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini

Hasil dan Skor Sementara PSS vs Persib