Terkenal Kontroversial, Inikah Wasit yang Pimpin Duel Persib vs Persija di GBLA?

Terkenal Kontroversial, Inikah Wasit yang Pimpin Duel Persib vs Persija di GBLA? Pemain Bali United dan Persib melakukan protes terhadap wasit Fariq Hitaba. (Adam Husein/Republik Bobotoh)

REPUBLIK BOBOTOH - Pertandingan Persib Bandung versus Persija Jakarta selalu menarik ditunggu karena kerap menciptakan drama dan berlangsung dalam tempo tinggi.

Duel Maung Bandung kontra Macan Kemayoran menjadi salah satu dari dua laga yang diberi label super big match pada pekan 11 Liga 1 musim ini, selain bentrok Arema FC vs Persebaya Surabaya.

Persib akan menjamu Persija pada pekan 11 Liga 1 musim 2022-2023 di Stadion GBLA pada Minggu, 2 Oktober 2022 mendatang.

Salah satu hal yang menarik ditunggu oleh penggemar sepak bola Indonesia adalah soal siapa sosok wasit yang akan memimpin duel panas Persib vs Persija kali ini.

Baca Juga : Jadwal Lengkap Siaran Langsung Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Sampai sekarang PT Liga Indonesia Baru (LIB) sendiri belum merilis siapa wasit yang akan memimpin duel Persib vs Persija di Stadion GBLA.

Tetapi PT LIB biasanya merilis wasit yang memimpin pertandingan Liga 1 sehari atau pas hari H laga itu digelar yang dicantumkan di laporan pertandingan pada website resmi PT LIB.

Namun berkaca dari pertemuan Persib dan Persija dalam beberapa laga terakhir, baik di laga resmi maupun turnamen pemanasan, Piala Menpora, ada satu wasit yang kerap dipercaya memimpin duel Maung Bandung kontra Macan Kemayoran.

Dia adalah wasit asal Yogyakarta, Fariq Hitaba yang dipercaya tiga kali memimpin duel Persib kontra Persija dari enam pertemuan terakhir kedua tim.

Baca Juga : 1 Pemain Pilar Persija Terancam Absen saat Hadapi Persib

Fariq Hitaba masing-masing memimpin pada laga Persija vs Persib di Stadion Gelora Bung Karno pada putaran pertama Liga 1 musim 2019 yang berakhir imbang 1-1.

Kemudian leg pertama final Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada 22 April 2021 yang dimenangkan Persija dengan skor 2-0.

Lalu, pertandingan Persija vs Persib pada putaran kedua Liga 1 musim 2021-2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, yang dimenangkan Persib 0-2.

Baca Juga : Persija Bakal Dapat Perlakuan 'Khusus' di Markas Persib

Sementara tiga laga lain dari enam pertemuan terakhir Persib kontra Persija masing-masing dipimpin Dwi Purba pada putaran kedua Liga 1 2019, Agus Fauzan (leg kedua final Piala Menpora 2021), dan Aprisman Aranda pada putaran pertama Liga 1 2021-2022.

Di Liga 1 musim 2020, Persib dan Persija tidak bertemu karena kompetisi dihentikan di tengah jalan akibat pandemi Covid-19 yang memengaruhi tatanan kehidupan global, termasuk roda kompetisi sepak bola domestik mayoritas negara, termasuk Indonesia.

Fariq Hitaba sendiri baru bebas dari hukuman yang dijatuhkan PSSI karena dinilai lalai dalam mengambil keputusan saat memimpin duel Bali United vs Persija pada pekan pembuka Liga 1 musim 2022-2023.

PSSI mengistirahatkan wasit yang dikenal royal mengeluarkan kartu kuning tersebut dari pekan kedua sampai pekan kedelapan Liga 1, karena tidak memberikan hukuman penalti kepada Persija setelah pemain Bali United hand ball.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini