Mahfud MD Sebut Semua Pengurus PSSI Akan Mundur Melalui KLB

Mahfud MD Sebut Semua Pengurus PSSI Akan Mundur Melalui KLB Ilusrasi logo PSSI.

REPUBLIK BOBOTOH - Menkopolhukam Mahfud MD menyebut seluruh pengurus PSSI akan mundur melalui Kongres Luar Biasa (KLB). KLB PSSI sendiri rencananya baru akan digelar pada 18 Maret 2023 mendatang, setelah dipercepat.

"Ya kan mereka sudah mau mundur melalui muktamar atau kongres luar biasa, mereka katakan begitu. Sudah, itu memang rekomendasinya kalau kita pecat itu tidak bisa. Rekomendasi kita kalau punya tanggung jawab ya moralnya berhenti, mundur," ujar Mahfud MD di kantor MUI Pusat, Jakarta, Selasa 1 November 2022 dikutip dari Detik.com.

Mahfud MD menambahkan, semua rekomendasi Tragedi Kanjuruhan telah dilaksanakan. Hal itu seperti perubahan peraturan, transformasi, dan pemidanaan.

Baca Juga : Batal Hadapi Persib, Dortmund Berharap Bisa Sambangi Indonesia di Lain Waktu

"Apa coba yang Anda lihat dari rekomendasi Kanjuruhan yang tidak dijalankan? Semua sudah dijalankan, perubahan peraturan, kemudian transformasi. Semuanya sudah. Pidananya yang penting. Pidananya jalan," tuturnya.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


KLB Digelar Lebih Cepat

PSSI telah mengirimkan surat resmi kepada FIFA terkait pelaksanaan kongres biasa dan kongres luas biasa (KLB) yang akan dipercepat.

Surat yang ditandatangani oleh Sekjen PSSI, Yunus Nusi tersebut disampaikan kepada FIFA pada Senin 31 Oktober 2022.

Dalam pernyataannya PSSI menyampaikan, rencananya gelaran KLB akan dilaksanakan pada 18 Maret 2023 mendatang.

Baca Juga : Kelakar Marc Klok agar Uji Coba Persib vs Dortmund Tetap Digelar

"PSSI berharap FIFA dapat memberikan rekomendasi tentang pelaksanaan kongres sebelum tanggal 7 November, sehingga PSSI dapat melakukan pemberitahuan kongres kepada anggota sekurang-kurangnya 60 hari sebelum pelaksanaan kongres," demikian pernyataan PSSI.

"Sebagaimana ketentuan statuta PSSI pasal 32 ayat 2 yang menyatakan bahwa para anggota akan diberitahukan secara tertulis sekurang-kurangnya 60 hari sebelum pelaksanaan kongres."

"Salah satu agenda penting pada kongres biasa tanggal 7 Januari 2023 adalah penetapan Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP)."

"KP dan KBP terpilih akan bekerja menyusun tahapan menuju kongres luar biasa pemilihan ketua umum, wakil ketua umum dan anggota komite eksekutif yang rencananya digelar tanggal 18 Maret 2023."

Laksanakan Rekomendasi TGIPF

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menegaskan, percepatan KLB ini merupakan respons dari rekomendasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan.

Baca Juga : Terinspirasi Turki, Timnas Wales Ganti Nama Jadi Cymru setelah Piala Dunia 2022

"Sekarang ini kami mengirimkan surat kepada FIFA. Jadi saat ini mari kita bersabar saja sambil memikirkan bagaimana kompetisi di negeri ini bisa kembali berjalan."

"Kompetisi adalah marwah dan itu harus kita pastikan bisa berjalan," tegas Mochamad Iriawan.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Helmi MP | Editor: Helmi M Permana

Piksi

Berita Terkini