Liga 1 2022 Kembali Bergulir, Ini Tahapan-tahapan yang Dilalui Penyelenggara Agar Izin Polri Keluar

Liga 1 2022 Kembali Bergulir, Ini Tahapan-tahapan yang Dilalui Penyelenggara Agar Izin Polri Keluar  Ilustrasi, pertandingan Bhayangkara FC vs Persib di pekan pembuka Liga 1 2022-2023. (Adam Husein/Republik Bobotoh)

REPUBLIK BOBOTOH - Karokerma KL Sops Polri Brigjen Pol Dedy Setiabudi membeberkan tahapan-tahapan yang ditempuh penyelenggara agar kompetisi Liga 1 bisa kembali digelar.

Salah satunya adalah penilaian risiko atas stadion-stadion yang akan digunakan dalam kompetisi Liga 1 yang menggunakan sistem gelembung atau bubble.

Menurut Brigjen Pol Dedy Setiabudi, penilaian risiko tersebut masih dalam proses karena masuk dalam bagian proses verifikasi.

Baca Juga : Ini Alasan Argentina Bakal Juara Piala Dunia 2022 Menurut Kiper Persib

"Sekarang sedang berjalan, sedang berproses. Penilaian risiko itu bagian dari proses verifikasi," kata Brigjen Pol Dedy Setiabudi dikutip dari Antara, Jumat.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Lanjutan Liga 1 2022 yang akan digelar dengan sistem bubble akan terpusat di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Akan ada lima stadion yang digunakan dalam pertandingan dan dalam proses verifikasi Polri, yaiatu Stadion Jatidiri, Stadion Maguwoharjo, Stadion Manahan, Stadion Sultan Agung, dan Stadion Moch Soebroto.

Brigjen Pol Dedy Setiabudi menambahkan, penilaian risiko tersebut sudah berjalan sejak rapat koordinasi Polri, PSSI, PT LIB, Kemenpora, dan Kementerian terkait, Selasa 29 November 2022.

Namun, lanjut Brigjen Pol Dedy Setiabudi, tahapan untuk mendapatkan izin tidak hanya soal penilaian risiko saja.

Panitia harus mendapatkan izin dari pihak terkait seperti Kementerian PUPR, stadion-stadion tersebut juga wajib mendapatkan lampu hijau dari Polri terutama izin keramaian.

Brigjen Pol Dedy Setiabudi menjelaskan, izin keramaian akan diberikan setelah kepolisian tingkat wilayah memberikan rekomendasi.

Rekomendasi tersebut lalu akan dibicarakan di Badan Intelejen Keamanan Polri, jika ACC, izin keramainan akan diberikan oleh Polri.

"Kalau sudah ada izinnya, kami dari Sops Kapolri (Staf Kapolri Bidang Operasi) akan membuat rencana pengamanan," kata Brigjen Pol Dedy Setiabudi.

Baca Juga : Gim Internal Persib Sempat Memanas, Tim Hijau Sukses Raih Kemenangan

Brigjen Pol Dedy Setiabudi menuturkan, tahapan verifikasi stadion sesuai dengan Peraturan Polri Nomor 10 tahun 2022 tentang pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga.

Tahapan-tahapan itupun kini sudah berhasil dilalui oleh penyelenggara, baik PSSI maupun PT LIB. Pasalnya, Polri saat ini sudah mengizinkan kompetisi Liga 1 digelar kembali.

Lanjutan kompetisi Liga 1 2022 akan dimulai pada 5 Desember 2022 dengan sistem bubble di Jawa Tengah dan Yogyakarta.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Helmi MP | Editor: Helmi M Permana

Piksi

Berita Terkini