Argentina Juara Piala Dunia 2022 lewat Drama Adu Penalti: Lionel Messi Lengkapi Kariernya yang Gemilang

Argentina Juara Piala Dunia 2022 lewat Drama Adu Penalti: Lionel Messi Lengkapi Kariernya yang Gemilang Ilustrasi Piala Dunia 2022 (Rosy/Pixabay)

REPUBLIK BOBOTOH - Argentina juara Piala Dunia 2022 setelah mengandaskan Prancis lewat adu penalti (3-3, 4-2 adu penalti) dalam drama lebih dari 2 jam pada laga final di Stadion Lusail Iconic, Qatar, Minggu malam, 18 Desember 2022.

Lionel Messi menjadi salah satu aktor utama kesuksesan Argentina berkat peran dan kontribusinya di lapangan sepanjang laga, selain kehebatan rekannya Emiliano Martinez di bawah mistar.

Keberhasilan ini menjadi perpisahan mengesankan untuk Messi yang berencana pensiun dari timnas Argentina, meski laporan terakhir menyebutkan dia masih akan melanjutkan karier internasionalnya.

Gelar Piala Dunia menjadi pelengkap karier Messi sebagai pesepakbola yang gemilang dan bergelimang gelar di level klub maupun individual.

Baca Juga : Ternyata Ini Penyebab Persis Solo Takluk dari Persib meski Tampil Dominan


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Pada menit 23, Messi membuka skor untuk Argentina lewat eksekusi tendangan penalti setelah sebelumnya Angel Di Maria dilanggar Ousmane Dembele.

Argentina menggandakan keunggulan lewat kerja sama tim yang apik. Setelah Messi mengirim umpan kepada Alexis Mac Allister, pertahanan Prancis menjadi terbuka.

Gelandang Brighton Hove Albion itu, kemudian menyodorkan bola ke sisi kanan pertahanan Prancis, di mana Angel Di Mari yang tak terkawal menyambutnya.

Winger Juventus itu, langsung mengeksekusi bola yang gagal dibendung Hugo Lloris, dan masuk ke gawang. Skor 2-0 untuk Argentina.

Baca Juga : Kalah gara-gara Gol Persib di Menit Akhir, Begini Suasana Ruang Ganti Persis Solo

Tertinggal dua gol, pelatih Prancis Didier Deschamps melakukan perubahan dengan menarik keluar Olivier Giroud dan Dembele yang digantikan Marcus Thuram dan Kolo Muani.

Namun perubahan tersebut tak banyak berdampak hingga jeda pertandingan karena Prancis masih kesulitan mendekati jantung pertahanan Argentina. Skor 2-0 untuk Argentina bertahan sampai turun minum.

Selepas jeda, Prancis mengontrol permainan di lapangan. Mereka lebih banyak menekan dan mengurung Argentina. Namun upaya Les Bleus selalu mentok akibat disiplinnya para pemain Argentina dalam menjaga areal pertahanan.

Baca Juga : Analisis Luis Milla saat Persib Hadapi Persis: Babak Pertama Kehilangan Konsep

Sebaliknya, Lionel Messi Cs acap merepotkan Prancis lewat serangan balik. Argentina beberapa kali mendapatkan peluang. Seperti dari tembakan Rodrigo De Paul dan Enzo Fernandez yang masih bisa diamankan kiper Hugo Lloris.

Prancis akhirnya mendapatkan momentum ketika Kolo Muani dijatuhkan Nicolas Otamendi pada menit 79 di kotak penalti. Kylian Mbappe yang maju sebagai eksekutor sukses menuntaskan tugasnya untuk memperkecil ketinggalan Prancis jadi 1-2, tepat di menit 80.

Tidak berselang lama, hanya 97 detik kemudian, Prancis sukses menyamakan kedudukan lewat tendangan keras sambil menjatuhkan badan Kylian Mbappe. Skor sama kuat 2-2.

Baca Juga : Kemenangan Persib Atas Persis untuk Zalnando dan Febri, Daisuke Sato Akui Diraih dengan Susah Payah

Di babak perpanjang waktu, Messi membawa Argentina kembali unggul. Tetapi rekannya di PSG, Kylian Mbappe, kembali membuat skor jadi imbang 3-3 lewat eksekusi penalti.

Pertandingan berlanjut ke babak adu penalti dan Emiliano Martinez menjalankan tugasnya dengan baik di bawah mistar gawang dengan memblok tendangan Kingsley Coman.

Jalan Argentina ke tangga juara makin terlihat saat eksekusi gelandang Prancis, Aurelien Tchouameni melebar.

Gonzalo Montiel yang di waktu tambahan menyebabkan Prancis mendapatkan penalti kedua, membayar kesalahan dengan menuntaskan tugas penalti untuk memastikan Argentina juara Piala Dunia 2022.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini