Mental Baja Persib Bandung Jadi Kunci untuk Menentukan Juara Liga 1

Mental Baja Persib Bandung Jadi Kunci untuk Menentukan Juara Liga 1 Mental Baja Persib Bandung bakal menentukan gelar juara Lia 1. (Adam Husein/Republik Bobotoh)

REPUBLIK BOBOTOH - Kekalahan dari PSM Makassar sesungguhnya adalah sinyal penting bahwa kedigdayaan yang telah tercipta selama ini ternyata masih rentan dieksploitasi oleh tim lain.

Hal ini menandakan bahwa ada celah yang menjadi kelemahan dan mampu diekploitasi oleh tim lawan. Kendati dua pertandingan berikutnya mampu meraih poin sempurna tetapi Maung Bandung tetap mesti waspada kendati masih di trek menuju tangga juara Liga Indonesia 2022/2023.

Semua pihak memang menyesalkan Ketika Persib mengalami kekalahan dari PSM apalagi di kendang. Selain mencoreng 15 pertandingan yang tidak terkalahkan juga ada beberapa hal yang harus dilakukan Persib Bandung untuk pertandingan-pertandingan berikutnya karena semuanya cukup menentukan.

Baca Juga: Aksi Rachmat Irianto Dipuji Habis Bung Binder, Begini Katanya

Ingat bukan saja persaingan memperebutkan tangga juara, malah terkadang terindikasi ada pihak-pihak yang menginginkan Maung bandung tidak juara tahun ini. Benar atau tidak, yang terpenting adalah mepersiapkan diri dari satu pertandingan ke pertandingan lainnya.

Dengan menyisakan 9 pertandingan, suka tidak suka Persib harus mampu menyapu bersih dengan kemenangan. Memang sedikit ada kekhawatiran dengan melihat performa PSM tanpa juga mengesampingkan Persija.

Tim Juku Eja itu yang sedikit mengalami kekalahan serta tren mereka justru menunjukkan sebagai tim solid dan sulit dikalahkan yang menjadi catatan tersendiri jika klub asal Makasar ini memiliki kans lebih besar menjadi juara walaupun jika tidak konsentrasi maka mereka bisa saja terpeleset di tengah jalan.

Baca Juga: Luis Milla Senang Karena Pemain Persib Bandung Tetap Berada Pada Level Terbaik

Jika demikian adanya, maka Luis Milla harus mampu membuat anak asuhnya memiliki mental baja yang luar biasa. Kita semua memang tahu ada nilai positif yang telah diperlihatkan pelatih asal Spanyol.

Sebelum dilatihnya, Persib justru tengah terpuruk hingga melalui polesannya dan dibantu para asistennya membuat Maung Bandung menjadi tim yang idak terkalahkan dalam 15 pertandingan sebelum dikalahkan PSM. Bukti sahih, di mana tim yang sedang terpuruk kemudian bsia bangkit dan ada dalam persaingan untuk meraih juara kompetisi sepak bola tertinggi di Indonesia.

Pada Minggu ini jelas akan ada dua pertandingan yang harus dilakoni klub kebanggaan dari Kota Bandung ini. Pertama, melawan Barito Putera (27/2) dan menghadapi Persija (4/3) yang harus dilakoni Persib.

Pada pertandingan menghadapi Barito Putera secara hitung-hitungan karena penghuni dasar klasemen Persib akan bsia mengatasi tim ini. Akantetapi terkadang unsur non teknis saat menghadapi tim lemah seperti menganggap enteng bisa menjadi bumerang bagi Maung Bandung.

Karenanya melawan klub asal Pulau Kalimanta ini tetap harus dianggap pertandingan final yang tetap akan menentukan dan jangan sampai merendahkan mereka karena niscaya klub yang ditangani Rahmad Darmawan akan melakukan perlawanan sengits aat bertanding di Stadion Demang Lehman ini.

Demikian pula pada pertandingan menghadapi musuh bebuyutan Persija, kondisi Persib jelas sedikit tak menguntungkan apalagi pertandingan digelar di kendang Persija. Melihat hasil pada pertandingan di putaran pertama saja Marc Klock dan kawan-kawan memang memenangkan pertandingan akantetapi dengan skor 1-0 dan itu bermain di Bandung.

Dengan demikian tim Macan kemayoran itu sejatinya akan bermain habis-habisan untuk mengalahkan Persib. Ada semacam pernyataan, Persija boleh saja kalah dari tim lain tapi asal jangan kalah dari Persib Bandung.

Jika Persib menang maka peluang terbuka tetapi jika kalah jelas akans edikit menyulitkan Pangeran Biru menjai kampiun pada liga tahun ini.

Walau demikian tak bisa dipungkiri, peluang selalu saja terbuka.

Tetapi yang kemudian dirasakan adalah tensi semakin hari semakin tinggi. Tentu saja kondisi ini jelas mempengaruhi psikis pemain pula.


Sehingga tim pelatih jelas dituntut harus mampu menciptakan kondisi tim yang kondusif khususnya mampu selalu menjaga mental tim agar memiliki kekuatan yang fresh dan memiliki kesiapan bertanding yang luar biasa sehingga bertanding dengan tim manapun akan selalu siap tempur dan mampu menghasilkan apa yang selalu ditargetkan oleh tim pelatih.

Tentu saja di pertandingan-pertandingan berikutnya Persib harus mengurangi kesalahan yang tidak penting dapat membuat pemain mendapatkan kartu kuning yang bisa membuatnya absen ketika pemain yang bersangkutan sangat dibutuhkan tim.

Juga jika memang bisa dihindari maka diharapkan pemain tidak mengalami cedera karena semua pertandingan sisa adalah pertnadingan krusial yang harus dilakoni Persib. Jika terpeleset pada satu pertandingan saja maka jalan terjal akan dilalui dan peluang menjadi juara bisa saja menjadi tipis karenanya.

Ada sebuah keyakinan jika Luis Milla pada kesempatan pertama menangani Persib bandung ia sangat menginginkan hasil sempurna yang diraihnya yaitu meraih juara Liga Indonesia 2022/2023 ini. Kepiawaian dan kecerdasannya sebagai pelatih akan dimanfaatkan olehnya sedemikian rupa.

Pelatih asal Spanyol itu takkan mengecewakan pihak-pihak yang telah mendukungnya termasuk bobotoh sehingga dia dan tim pelatih yang ada akan senantiasa secara Bersama menusun strategi jitu sehingga di pertandingan berikut akans elalu emndapatkan kemenangan.

Seperti kata ungkapan, kalau tidak kali ini kapan lagi. Jadi memang setiap peluang yang ada harus dimanfaatkan sedemikian rupa untuk menghasilan sesuatu yang diharapkan. Pokoknya Persib jangan lengah siapapun lawannya.

Yang pasti setiap lawan diupayakan harus terkapar dan tak berdaya dan kemenangan pun harus diraih saat kandang ataupun tandang untuk mampu menjaga peluang. Semua pasti bisa apalagi dukungan bobotoh kuat dan semuanya tetap akan Kembali kepada tim Maung Bandung itu sendiri.

Semoga apa yang diharapkan menjadi juara dapat terwujud dengan semestinya. Kerja keras, mental baja, kerja sama yang baik, keyakinan yang kokoh dan dukungan dari bobotoh adalah elemen yang bisa membuat Persib juara tahun ini.

Bagaimana semua itu terwujud ? Maka pelatih dan pemain yang sesungguhnya tahu bagaimana bermain sepak bola yang baik dan cara untuk bisa menjadi juara.

Prung geura tarung, Sib !!!.**

Penulis: Deffy Ruspiyandy

ATTENTION: Bagi bobotoh yang suka menulis bisa mengirimkan tulisan ke email republikbobotoh@gmail.com, tulisan akan dimuat di kolom GOROWOK BOBOTOH.

CATATAN: Rubrik GOROWOK BOBOTOH memuat tulisan artikel opini dari pembaca, Redaksi REPUBLIKBOBOTOH.COM tidak bertanggung jawab atas isi tulisan yang sepenuhnya merupakan tanggung jawab penulis.

Kritik dan saran kirim ke republikbobotoh@gmail.com.

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Piksi

Berita Terkini