PSSI Percepat Kick Off Liga 1, LIB Pastikan Jadwal Musim Depan Sudah Tertata Rapih

 PSSI Percepat Kick Off Liga 1, LIB Pastikan Jadwal Musim Depan Sudah Tertata Rapih Logo Liga 1. (Adam Husein/Republik Bobotoh)

REPUBLIK BOBOTOH - Ketua umum PSSI, Erick Thohir mengatakan terkait jadwal kick off Liga 1 2023/2024 24 yang sebelumnya dijadwalkan bergulir pada 14 Juli, dipercepat menjadi 1 Juli 2023.

Hal itu dilakukan berkaitan dengan agenda Timnas Indonesia itu setelah pertemuan Erick Thohir dengan Shin Tae-yong saat membahas agenda terbaik timnas Indonesia.

PSSI mendengarkan saran Shin Tae-yong mengenai jadwal Liga 1 musim depan, kick off dimajukan demi agenda timnas Indonesia.

Shin Tae-yong sebelumnya merasakan bentrok kepentingan dengan sejumlah pelatih Liga 1 akibat benturan jadwal kompetisi dan timnas.

Hingga ia meminta PSSI memajukan kick off Liga 1 agar jadwal menjadi lebih longgar.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Baca Juga : Bursa Transfer Liga 1: Daftar Pemain Lokal dan Asing Incaran Luis Milla

Sebagai informasi, Timnas Indonesia terdekat akan menatap FIFA Matchday pada bulan Juni 2023. Untuk lawannya, PSSI sudah memastikan Palestina sebagai calon lawan Timnas Indonesia.

Namun Timnas Indonesia masih memiliki satu slot lawan lainnya, tetapi PSSI masih mencari calon lawan lainnya. 

Setelah Juni yang padat, Indonesia mendapat waktu istirahat yang cukup panjang karena tidak ada agenda internasional

Pada September 2023, ada Asian Games di Hangzhou. Belum diketahui apakah Indonesia akan mengirim wakilnya untuk cabang olahraga sepak bola.

Asian Games 2023 rencananya digelar pada 23 September hingga 8 Oktober mendatang. Sebelum Asian Games, Indonesia bakal punya jadwal FIFA Matchday yang dilangsungkan pada 4-12 September 2023.

Agenda FIFA Matchday kali ini akan sangat penting karena bisa jadi pemanasan Timnas Indonesia sebelum tampil di putaran ke-1 kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca Juga : TERPOPULER: Febri Pilih ke Jawa Timur, Henhen Blak-blakan hingga Eks Bek Timnas Ini Akan Jadi Penggantinya?

Shin Tae-yong pun dikabarkan ingin memastikan tak akan ada kekacauan jadwal musim depan saat bertemu Erick Thohir, pada Rabu (19/4/2023) lalu.

"Saya baru bicara dengan Coach Shin Tae-yong. Ternyata kalender kita makin dekat dengan ada Asian Games, ada AFC (Piala Asia), ada jadwal FIFA Matchday lagi," ucap Erick beberapa waktu lalu (21/4/2023) seperti dilansir dari Bolanas.com.

"Tadi saya sudah telepon LIB juga, wah ini sepertinya kita mesti tarik ulur jadwal," ujarnya.

Apabila PT LIB menerapkan jadwal semula, Liga 1 kemungkinan akan terus digelar hingga mendekati Piala Asia, atau bahkan tetap berlangsung bersamaan dengan turnamen akbar itu.

Namun kini dengan percepatan kick off, timnas Indonesia bisa memiliki waktu lebih luang menjelang Piala Asia 2024.

"Punya cita-cita terbaik, tapi timnas juga tidak punya pemain yang maksimal, karena jadwalnya belum sepakat. Jadi revisi itu biasa, awalnya 14 Juli, sekarang 1 (Juli)." terang ERick.

Kini, publik Indonesia tinggal menunggu jadwal pasti Liga 1 2023/24 dalam rapat PSSiIdan PT LIB pada 1 Mei mendatang.

Lebih lanjut, Jadwal kompetisi Liga 1 musim depan dikabarkan sudah tertata rapih. Sehingga kompetisi musim depan tidak akan lagi mengalami penundaan jadwal kompetisi.

Baca Juga : Marc Klok Balik ke Makassar Digoda Wiljan Pluim, Ini Dia Videonya

Hal ini diutarakan oleh Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga. Nantinya jadwal Liga 1 akan sudah selaras dengan jadwal Timnas Indonesia di FIFA Matchday sehingga tidak terjadi lagi ribut-ribut lagi saat pemanggilan pemain.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator sudah merumuskan jadwal Liga 1 atau Liga Indonesia jauh-jauh hari. 

Mereka pun telah mempertimbangkan sejumlah opsi slot-slot pertandingan Timnas Indonesia pada ajang internasional.

“Untuk jadwal sudah tertata tapi kita sesuaikan dengan Timnas Indonesia, supaya enak nantinya,” ucap Arya Sinulingga.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini