Menteri Koperasi UKM Teten Masduki Tinjau Pojok KolaboraSIB

Menteri Koperasi UKM Teten Masduki Tinjau Pojok KolaboraSIB Teten Masduki mengunjungi pojok Kolaborasib di Persib Store. (Adam Husein/Republikbobotoh.com)

REPUBLIK BOBOTOH - Menteri Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Menkop-UKM), Drs. Teten Masduki meninjau Pojok KolaboraSIB yang berada di Graha Persib, Jalan Sulanjana No. 17, Kota Bandung, Rabu, 11 Oktober 2023. Ini sebenarnya merupakan kunjungan kerja Teten yang sempat tertunda pada 25 September 2023 lalu pada saat peluncuran secara resmi Pojok KolaboraSIB tersebut.

Kedatangan Teten Masduki disambut Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Kuswara S. Taryono dan Direktur Operasional Muhammad Iskandar. Teten bersama rombongan langsung menuju Persib store di Lantai 2 Graha Persib dan sempat berkeliling melihat berbagai produk original Persib sebelum menuju Pojok KolaboraSIB.

Kehadiran Teten sebagai bentuk dukungan terhadap program KolaboraSIB Persib yang melibatkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Baca Juga : Eks Pemain Napoli jadi Pelatih Baru PSS Sleman, Manajemen Bicara Nasib Marian Mihail

Direktur Operasional PT Persib Bandung Bermartabat, Muhammad Iskandar menjelaskan, KolaboraSIB merupakan program kolaborasi Persib sebagai klub sepakbola dengan berbagai sektor dan industri lainnya (cross-industry), yang mencakup kolaborasi ide, gagasan dan pemikiran yang diharapkan dapat menciptakan sebuah karya yang positif dan dapat dinikmati oleh banyak orang.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Pada program KolaboraSIB kali ini, Persib menggandeng brand Cosmic dan Hammerstouth. Kedua brand lokal ini dinilai telah mewakili gaya berpakaian (style) para suporter Persib saat ini. Selain itu, berbagai produk dari kedua brand tersebut pun selalu up to date.

Sebelum menggandeng Cosmic dan Hammerstouth, Persib telah melakukan kolaborasi dengan beberapa band lokal asal Bandung, seperti Koil dan Teenage Death Star. Persib juga telah melakukan kolaborasi dengan tokoh kreatif Bandung seperti Dendy Darman untuk meluncurkan kaos Persib edisi khusus.

"Ke depannya, Persib akan terus melakukan kolaborasi aktif dengan berbagai UMKM dan juga tokoh kreatif asal Bandung lainnya," kata Iskandar.

Iskandar menambahkan, "Sekitar 80 persen merchandise Persib yang ada di Persib Store pun merupakan hasil karya para pelaku UMKM asal Bandung. Selain itu, khususnya untuk jersey Persib, kami juga telah bekerjasama dengan lebih dari 60 reseller lokal. Mereka kita berikan kemudahan untuk dapat menjual jersey Persib secara resmi," kata Iskandar.

"Kolaborasi antara Persib dan para pelaku UMKM tidak hanya mengenai fesyen. Pangeran Biru juga melibatkan para pedagang makanan dalam pemenuhan kebutuhan suporter yang hadir di Stadion Gelora Bandung Lautan Api ketika menyaksikan pertandingan kandang," tutup Iskandar.

Dalam keterangannya kepada awak media, Menteri Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Menkop-UKM), Drs. Teten Masduki pun turut mengapresiasi program KolaboraSIB, kolaborasi antara Persib dan UMKM ini. Karena menurutnya, Persib yang memiliki nilai jual bisa mengangkat para pelaku UMKM untuk bisa meningkatkan penjualan produknya.

Baca Juga : Dipinang Borneo FC, Presiden Klub Blak-blakan Soal Alasan Datangkan Wiljan Pluim

"Saya ucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Persib yang sudah memberikan ruang bagi pelaku UMKM untuk menjadi supplier beberapa produk persib. Ini kolaborasi yang bagus, ada co-branding, karena Persib punya brand value, yang tinggi. Ini akan menguntungkan pelaku UMKM," katanya.

"Kalau ada pertandingan, pelaku UMKM di sektor kuliner juga bisa memanfaatkan peluang ekonomi. Ini menurut saya, sangat bagus. Memang untuk pengembangan industri sepakbola di Indonesia, basisnya adalah klub. Jadi, klub secara ekonomi, business modelnya harus sustain karena itu manajemen klub dan seluruh aspeknya harus bisa menghasilkan value ekonomi," bebernya.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Raffy Faraz | Editor: Helmi M Permana

Piksi

Berita Terkini