Persib Punya 7 Pemain Asing, Ini Daftarnya, Siapa Paling Layak Dicoret?

Persib Punya 7 Pemain Asing, Ini Daftarnya, Siapa Paling Layak Dicoret? Selebrasi pemain Persib setelah David Da Silva menjebol gawang Persikabo melalui titik putih penalti. (Adam Husein/Republik Bobotoh)

REPUBLIK BOBOTOH - Saat ini, posisi pemain asing Persib Bandung terlalu gemuk, padahal dalam regulasi Liga 1 2023-2024 mengenai aturan pemain asing, yaitu 5+1.

Artinya, Persib hanya boleh memiliki lima pemain asing dari negara mana saja ditambah satu pemain asing ASEAN.

Namun, Persib saat ini memiliki 7 pemain asing, yakni Nick Kuipers, David da Silva, Ciro Alves, Daisuke Sato, Alberto Rodriguez, Tyronne del Pino dan Levy Madinda.

Pada bursa transfer paruh musim Liga 1 2023-2024 ini, beberapa pemain asing Persib akan habis masa kontraknya, seperti David da Silva dan Ciro Alves di Persib akan berakhir pada Desember 2023 nanti.

Namun, Pelatih Bojan Hodak teah memastikan kontrak kedua pemain itu telah diperbaharui oleh manajemen.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Baca Juga : Masa Depan David da Silva dan Ciro Alves di Persib Akhirnya Terjawab

"Yang saya tahu, keduanya sudah memperpanjang kontrak dari beberapa bulan lalu," kata Bojan Hodak, Kamis 16 November 2023.

Bagaimana untuk lima pemain asing lainnya? Dirumorkan Persib bakal melepas Daisuke Sato dengan status pinjaman pada bursa transfer pemain paruh musim Liga 1 kali ini.

Bojan Hodak langsung menanggapi rumor yang berembus di media sosial itu. Bojan dengan tegas tidak ambil pusing dengan rumor tersebut, dan tersirat membantahnya karena selama ini dia tidak pernah membaca media sosial.

"Kalian tahu satu hal bagus, saya tidak membaca sosial media, jadi saya percaya saya bisa hidup lebih lama," tegas Bojan Hodak.

Lalu bagaimana dengan gelandang asal Spanyol, Tyronne del Pino yang masih belum jelas statusnya karena berada di luar 'sistem'.

Ya, meski memiliki kontrak sampai Mei 2024, tetapi Tyronne del Pino tidak tercatat atau terdaftar sebagai pemain Persib di PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Baca Juga : Bojan Hodak Sampaikan Kabar Terbaru Terkait Status Tyronne del Pino

Itu karena Persib sudah mendaftarkan enam pemain asing di PT LIB yakni Alberto Rodriguez, Nick Kuipers, Levy Madinda, Daisuke Sato, Ciro Alves dan David da Silva.

Bojan Hodak mengaku, masih harus memantau perkembangan dari gelandang yang sempat berkarier di Liga Thailand tersebut.

Pelatih asal Kroasia itu, menargetkan akan mengambil keputusan terkait masa depan Tyronne del Pino di Persib dalam dua pekan ke depan.

"Tyronne masih berlatih bersama kami dan kita akan lihat. Saya harus memantau bagaimana perkembangannya dan masih ada waktu selama dua pekan untuk membuat keputusan," kata Bojan Hodak.

Terakhir Levi Madinda yang dipinjam Persib dari Johor Darul Ta'zim (JDT) FC. Hingga sekarang nasib Levy Madinda di Persib masih belum jelas, meski banyak pihak mengharapkan statusnya segera ditentukan.

Bojan Hodak, nampaknya enggan terburu-buru menentukan masa depan mantan pemain Celta Vigo tersebut.

Dia masih ingin memantau perkembangan Levy Madinda hingga saat Persib menghadapi tuan rumah Dewa United FC pada pertandingan ke-20 Liga 1 2023/2024.

Baca Juga : Singgung soal Nasib Levy Madinda dan Pemain Anyar, Bojan Hodak: Kami Harus Membelinya

Apalagi dalam pertandingan terakhir yang dilakoni Persib kontra Arema FC pada pekan 19 Liga 1, Levy Madinda, terlihat menurun penampilannya

"Tanggal 26 kami akan bermain melawan Dewa dan 28 adalah hari terakhir (transfer window). Jadi dia masih memiliki kontrak, Tyronne juga punya kontrak, jadi kami nanti akan mengambil keputusan," kata Bojan Hodak.

Bojan Hodak mengungkapkan, ada banyak pertimbangan dalam menentukan masa depan pemain, termasuk kemungkinan mendatangkan pemain anyar. Salah satu alasannya adalah terkait bujet.

"Ini bukan hanya mengubah pemain, tidak bisa seperti itu, pemain memiliki kontrak dan harus membayarnya. Pemain baru juga ada biaya yang harus dikeluarkan, kami harus membelinya," ujarnya.

"Jika pemain tersebut tidak cukup bagus untuk bermain di sini, maka tidak perlu membelinya. Jadi ini tergantung budget dari manajemen dan juga tergantung pemain yang kami mau. Jadi saya katakan, mungkin kami melakukan perubahan, mungkin juga tidak. Terkadang ini tergantung budget dari manajemen," tuntas Bojan.**

Berikut daftar 7 pemain asing Persib, seperti disadur dari Jabar.tribunnews.com:

1. Nick Kuipers

Nick Kuipers, pemain asing asal Belanda, direkrut Persib pada musim 2019 dengan kontrak yang berakhir pada 2024.

Posturnya yang tinggi membuat Nick Kuipers kerap diandalkan sebagai bek tengah.

Sejak direkrut, Nick Kuipers pun menjelma menjadi kepercayaan para pelatih meskipun telah berganti tiga kali.

Dari era Robert Alberts, Luis Milla, hingga kini Bojan Hodak, Nick Kuipers selalu menjadi opsi utama dalam membentengi pertahanan Persib.

2. David da Silva

Berikutnya adalah pemain asing asal Brasil, David da Silva yang telah memperkuat skuad Persib sejak 2021, dengan kontrak yang berakhir pada 2023.

David da Silva menjadi salah satu pemain mematikan andalan Persib Bandung di lini depan sejak dirinya direkrut.

Pemain yang akrab disapa DDS ini menjadi top skor Persib Bandung dan runner up di Liga 1 dengan raihan 24 gol sepanjang musim 2022/2023.

3. Ciro Alves

Masih asal Brasil, Ciro Alves direkrut Persib sejak 2022 dengan durasi kontrak dua tahun dan opsi perpanjangan satu tahun.

Kedatangan Ciro Alves ke Persib seolah melengkapi lini depan dengan menjadi duet bersama David da Silva.

Sampai-sampai, keduanya mendapatkan julukan Duo Samba karena kerap bekerja sama satu-dua menembus pertahanan lawan.

Sepanjang musim 2022/2023, Ciro Alves telah menyumbangkan 10 gol, 5 assist dari 31 pertandingan.

4. Daisuke Sato

Pengisi slot pemain asing ASEAN, Daisuke Sato direkrut Persib pada 2022 dengan kontrak yang diperpanjang hingga 2025.

Daisuke Sato menjelma menjadi salah satu pemain yang dipercaya oleh Luis Milla hingga Bojan Hodak meskipun dirinya adalah rekrutan Robert Alberts.

Pemain keturunan Jepang ini adalah salah satu pemain dengan jatah bertarung paling banyak di Persib sepanjang musim 2022/2023.

Total dirinya telah bermain sebanyak 31 pertandingan dengan persentase 91 persen sebagai pemain utama.

Meskipun berposisi utama sebagai bek kiri, Daisuke Sato juga bisa berkamuflase dengan menempati posisi sayap kiri.

Ia juga telah menyumbangkan 2 gol dan mendapatkan 11 kartu kuning sepanjang musim lalu.

5. Alberto Rodriguez

Alberto Rodriguez merupakan pemain asing asal Spanyol yang direkrut Luis Milla pada 2023 dengan durasi kontrak satu tahun.

Posturnya yang setinggi 1,91 m ini membuatnya kerap dipasang sebagai tandem Nick Kuipers di posisi bek tengah.

Meskipun butuh waktu untuk beradaptasi, Alberto Rodriguez kini berhasil menemukan chemistry bersama para pemain Persib lainnya.

Terutama dengan Nick Kuipers, yang kemudian membuat keduanya seolah saling melengkapi di lapangan.

6. Tyronne del Pino

Masih dari Spanyol, Tyronne del Pino juga merupakan pemain asing yang direkrut Luis Milla pada 2023 dengan durasi kontrak satu tahun dan opsi perpanjangan satu tahun.

Kedatangan Tyronne del Pino digadang-gadang sebagai playmaker bagi Persib Bandung.

Sayang, Tyronne del Pino mengalami cedera parah pada kaki kanannya saat melawan Madura United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) beberapa waktu lalu.

Hal itu membuatnya harus terbang ke kampung halaman untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut terkait pemulihan cederanya.

Lebih dari tiga bulan di kampung halaman, Tyronne del Pino kini telah kembali bergabung bersama Persib Bandung.

7. Levy Madinda

Terakhir, Levy Madinda yang direkrut sebagai pengganti Tyronne del Pino dengan status pinjaman di pertengahan putaran pertama Liga 1 2023/2024.

Ia dipinjamkan dari JDT dengan kontrak yang habis pada Desember 2023.

Kendati demikian, kedatangan Levy Madinda di Persib menjelma menjadi kepercayaan Bojan Hodak.

Pemain asal Gabon ini selalu turun di setiap pertandingan sepanjang musim Liga 1 2023/2024.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini