UPDATE Persiapan PT LIB Terapkan Penggunaan VAR di Liga 1 2023-2024, 12 Stadion Tak Miliki Room VAR

UPDATE Persiapan PT LIB Terapkan Penggunaan VAR di Liga 1 2023-2024, 12 Stadion Tak Miliki Room VAR Gambara VAR Room yang nantinya akan diterapkan di kompetisi Liga 1. (PSSI)

REPUBLIK BOBOTOH - PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1, menargetkan mulai pekan ke-24 kompetisi Liga 1 2023-2024 ini sudah menggunakan fasilitas video assistant referee (VAR).

VAR diterapkan untuk membantu wasit memimpin pertandingan kompetisi sepak bola di Liga 1 2023-2024 yang akan memasuki pekan ke-20.

"Targetnya seluruh stadion tim Liga 1 sudah memiliki fasilitas tersebut pada akhir Februari 2024," kata Direktur Operasional LIB, Asep Saputra seperti dilansir Antara, Kamis 16 November 2023.

Saat ini persiapannya memasuki tahap ketiga. Sebelumnya, pihaknya telah melakukan initial consideration dan kick-off meeting dengan FIFA pada bulan Juni 2023.

Baca Juga : TERPOPULER: Kabar Mengejutkan dari Ezra Walian, Bojan Hodak Puji Pemain Muda hingga Komentar Soal Tyronne del Pino


Setelah itu, deklarasi pada bulan Juli 2023. Sejak Juli hingga Januari 2024 sudah memasuki tahap ketiga, yakni training preparation (persiapan pelatihan) VAR.

Pada tanggal 13 hingga 20 November 2023, pihaknya melakukan pelatihan terhadap petugas replay operator.

"Kami memilih mereka dengan beragam latar belakang mulai dari wasit, profesional di bidang broadcast, hingga ahli informasi dan teknologi," terang Asep.

Asep mengatakan bahwa peranan replay operator ini cukup penting karena mereka akan melakukan pemotongan gambar, memberikan informasi kepada wasit, dan lainnya.

Selanjutnya, pihaknya akan melakukan pelatihan terhadap wasit dan asisten VAR secara bertahap hingga hal ini dapat diterapkan di kompetisi resmi nantinya.

LIB telah melakukan kerja sama dengan perusahaan Hawkeye Eye yang memiliki reputasi sebagai penyedia VAR untuk FIFA. Perusahaan ini dipercaya FIFA untuk menyediakan VAR pada Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

Baca Juga : Kontrak di Persib Diperpanjang, David Da Silva: Saya Ingin Berada di Sini Selama Mungkin

Namun, Asep menyebutkan sebanyak 12 stadion di Liga 1 2023/2024 tidak mempunyai room VAR.

Itu setelah dilakukan pengecekan lokasi stadion, apakah bisa menggunakan room VAR atau tidak.

Hasilnya, hanya sedikit stadion yang nantinya mempunyai room VAR. Meski begitu, VAR tetap akan terlaksana di seluruh stadion di Liga 1 2023/2024.

"Sesuai dengan yang dideklarasikan Ketua Umum PSSI, semua pertandingan Liga 1 2023/2024 harus juga diimplementasikan VAR. Artinya tidak ada istilah coba-coba di beberapa pertandingan," tegas Asep.

Lanjut Asep, tidak menjadi sebuah masalah tak ada room VAR di beberapa stadion. Sebab, PT LIB sudah menyiapkan mobil (van) yang nantinya digunakan sebagai alternatif room VAR.

"Artinya VAR room-nya itu akan ada di setiap venue pertandingan. Bentuknya ada dua, ada yang VAR roomnya di stadion, ada yang nanti kami siapkan kendaraan VAR, van-nya kami siapkan."

"Kami modifikasi khusus untuk menjadi ruang VAR, AVAR, dan Replay Operator dalam bekerja untuk setiap pertandingan," jelas Asep.

Pihaknya kata Asep, sudah memastikan bahwa akan menyiapkan 11-12 van VAR yang nantinya sebagai room VAR di stadion tersebut.

Baca Juga : Cerita Radja Nainggolan di Piala Dunia U-17, Terkesima dengan Si Jalak Harupat

Sayangnya Asep tidak menyebutkan stadion-stadion mana saja yang tak mempunyai room VAR.

"Kami sudah memetakan itu, termasuk ada 11-12 yang bentuknya van. Sisanya kami melihat, karena ada beberapa yang dipertimbangkan, kaitannya dengan ketersediaan ruangan, bagaimana juga maintenence selama pelaksanaan," tuntas Asep.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: Dadi M

Piksi

Berita Terkini