Tiket Final Piala Dunia U-17 2023 Sold Out, Ini Kesiapan Dishub Solo Atur Lalu Lintas

Tiket Final Piala Dunia U-17 2023 Sold Out, Ini Kesiapan Dishub Solo Atur Lalu Lintas Stadion Manahan, Solo. (Instagram @stadion.manahan.solo)

REPUBLIK BOBOTOH - Tiket pertandingan final Piala Dunia U-17 2023 yang mempertemukan Jerman vs Prancis dilaporkan sudah habis terjual.

Itu artinya Stadion Manahan, Solo, yang akan menjadi arena laga final Piala Dunia U-17 2023, Jerman vs Prancis pada Sabtu beson, 2 Desember 2023, bakal dipenuhi penonton.

Berbagai persiapan telah dilakukan sejumlah pihak dalam menyambut puncak pesta sepak bola dunia paling bergengsi di kelompok usia remaja itu. Termasuk terkait lalu lintas kendaraan.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta atau Solo telah menyiapkan berbagai skenario untuk menyambut pertandingan perebutan peringkat ketiga dan final Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga : Tenaga PSM Terkuras di AFC Cup, David da Silva tak Merasa Persib Diuntungkan


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Skenario ini menyangkut tiga aspek yang meliputi manajemen rekayasa lalu lintas, kantong parkir kendaraan bermotor, hingga operasional shuttle bus yang disediakan untuk para penonton menuju Stadion Manahan, Solo.

Ini dilakukan untuk memberi kenyamanan bagi penonton pertandingan dan juga masyarakat yang tidak ada rencana masuk stadion tapi kebetulan melintas di kawasan Manahan.

Kabid Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Ari Wibowo, menyebut bahwa pihaknya akan terus memantau titik-titik kemacetan yang berpotensi terjadi di lampu lalu lintas (traffic light) terdekat dari Stadion Manahan.

"Ada delapan traffic light terdekat. Kami memiliki central control room yang terpantau CCTV. Lampu lalu lintas ini bisa kami intervensi untuk kelancaran lalu lintas," kata Ari Wibowo dalam keterangan pers yang diterima REPUBLIKBOBOTOH.COM.

Baca Juga : Bojan Hodak Buka-bukaan Peluang Kevin Ray Mendoza Dimainkan saat Hadapi PSM

"Kami juga memantau perjalanan atlet, wasit hingga ofisial FIFA dari beberapa hotel menuju Stadion Manahan. Dengan demikian kelancaran dan kenyamanan perlu kami utamakan. Saat mereka mendekat, traffic light akan langsung kami hijaukan, sehingga mereka tidak terhambat," ujar dia menambahkan.

Selain itu, Dishub akan menerjunkan petugas di sejumlah lokasi yang terdampak kepadatan maupun titik-titik penyeberangan jalan, terutama yang menjadi titik konsentrasi penonton di area Stadion Manahan.

Sejumlah kantong parkir juga telah disediakan oleh Dinas Perhubungan di sekitar Stadion Manahan. Penonton diminta untuk tidak memarkirkan kendaraannya di lokasi-lokasi yang terdapat larangan parkir.

Kepala UPT Dishub Perparkiran Kota Solo, Haryono Nugroho, mengatakan bahwa jalan yang berada di sekitar Stadion Manahan bakal kembali disterilkan dari parkir kendaraan bermotor.

Baca Juga : Kebugaran Stefano Beltrame Bermasalah? Bojan Hodak Buka Suara

"Kami akan memasang barikade penutupan jalan sesuai dengan standar yang diinginkan FIFA di jalan yang melingkari Stadion Manahan akan steril dari parkir, yakni Jalan KS Tubun, Jalan Adi Sutjipto, dan Jalan Menteri Supeno," kata Haryono Nugroho.

Dishub akan selalu memberikan sosialisasi kepada penonton terkait penertiban. Selama Piala Dunia U-17 2023 ini, ada beberapa mobil penonton yang ditertibkan, baik dengan penggembokan maupun penderekan.

Adapun lokasi-lokasi parkir yang cukup jauh dari Stadion Manahan terletak di Lapangan Sumber dan Terminal Tirtonadi. Dari dua lokasi ini, penonton bisa memaksimalkan fasilitas shuttle bus yang disediakan oleh Dishub.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: Dadi M

Piksi

Berita Terkini