Meski Kalah Posisi Indonesia di Ranking FIFA Naik, Jepang Turun

Meski Kalah Posisi Indonesia di Ranking FIFA Naik, Jepang Turun

REPUBLIKBOBOTOH.COM - Timnas Indonesia kalah 1-3 dari Jepang di matchday terakhir Grup D Piala Asia 2023, pada Rabu (24/1/2024) malam WIB.

Bermain di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Garuda kalah gara-gara dua gol yang dicetak Ayase Ueda di awal babak pertama dan babak kedua.

Lalu gol ketiga Jepang terjadi akibat gol bunuh diri Justin Hubner di menit 88. Sedangkan gol Garuda dicetak Sandy Walsh di menit 90+1.

Dengan hasil itu, Jepang memastikan diri lolos ke 16 besar dengan status runner-up Grup D Piala Asia 2023. Jepang menemani Irak yang sudah lolos lebih dulu sebagai juara grup.

Baca Juga : TERPOPULER: Kevin Sebut Tak Banyak yang Dilakukan, Pemain Muda Dituntut Pembuktian hingga Kiper Masa Depan Persib


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Sedangkan Timnas Indonesia yang kalah kini bertengger di peringkat ketiga.

Nasib Timnas Indonesia untuk lolos atau tidaknya ke 16 besar kini tergantung hasil laga pamungkas Grup E dan Grup F yang baru akan bermain pada Kamis 25 Januari 2024.

Setelah kekalahan itu, bagaimana perhitungan Ranking FIFA. Posisi Timnas Indonesia dan Jepang di Ranking FIFA memang jauh.

Per Desember 2023, Timnas Jepang menjadi tim Asia terbaik di Ranking FIFA dengan berada di posisi 17.

Sementara Indonesia berada di posisi 146 dan menjadi tim dengan posisi dua terrendah di Ranking FIFA setelah Hong Kong.

Hal ini jelas akan mempengaruhi perhitungan poin di Ranking FIFA. Timnas Indonesia hanya akan berkurang 4,06 poin atas kekalahan tersebut.

Baca Juga : Dimainkan di Laga Dewa United vs Persib, Adzikry Akui Sempat Nervous

Setelah perhitungan kekalahan dari Irak dan kemenangan dari Vietnam, maka saat ini Timnas Indonesia memiliki jumlah 1072,72 poin.

Dengan jumlah tersebut, posisi Timnas Indonesia di Ranking FIFA pun akan berubah menjadi berada di posisi 142.

Meski menang telak, Jepang hanya akan memiliki peningkatan sedikit poin. Tim asuhan Hajime Moriyasu ini hanya akan mendapatkan tambahan 4,07 poin saja.

Dengan catatan kemenangan atas Vietnam dan kalah dari Irak, maka poin Jepang saat ini menjadi 1606,09 poin.

Dengan angka tersebut, posisi Jepang akan turun ke posisi 19 Ranking FIFA.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini