2 Kelompok Supoter di Indonesia Jaga Netralitas Pada Pemilu 2024

2 Kelompok Supoter di Indonesia Jaga Netralitas Pada Pemilu 2024 Suasana Bobotoh di Stadion GBLA di laga Persib vs Persis Solo. (Adam Husein/REPUBLIKBOBOTOH.COM)

REPUBLIKBOBOTOH.COM - Dua kelompok suporter besar di Indonesia menyatakan komitmennya untuk menjaga netralitas dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kedua kelompok suporter itu adalah Viking Persib Club (suporter Persib Bandung) dan Red Gank PSM (suporter PSM Makassar).

Pernyataan ini disampaikan dalam sebuah postingan dalam media sosial Instagram melalui akun resmi kedua kelompok suporter tersebut.

Viking Persib Club menegaskan bahwa sepak bola adalah pemersatu bangsa, bukan alat politik untuk memecah belah masyarakat.

Baca Juga : TERPOPULER: Alasan Nick Bertahan, Igbonefo Sudah Tentukan Pilihan hingga 2 Mantan Persib Maju


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Mereka juga menyatakan bahwa tidak akan mendukung kandidat atau partai politik yang menggunakan politik identitas dalam kampanyenya.

"Viking Persib Club sebagai bagian dari Bobotoh merupakan kumpulan suporter yang fokus tujuannya adalah mendukung Persib dan menjadikan sepak bola sebagai domain utama dan tidak terafiliasi dengan kelompok politik mana pun," tegas Viking Persib Club dalam postingan Instagram pada akun @officialvpc.

Viking Persib Club juga mengimbau kepada semua pihak untuk tidak menggunakan simbol-simbol, mencatut nama, maupun mengatasnamakan Viking Persib Club digunakan untuk kepentingan politik elektoral dukung-mendukung pilihan politik mana pun.

"Viking Persib Club menghargai dan memberikan kebebasan untuk memiliki sikap dan pilihan politik kepada setiap individu pengurus maupun anggotanya selama dilakukan secara bertanggung jawab dan berhati-hati dengan tidak mengatasnamakan organisasi," sambung pernyataan resmi Viking Persib Club.

Baca Juga : Persib Butuh 2 Pertandingan Berintensitas Tinggi Pada Jeda Kompetisi Liga 1

Di sisi lain, Red Gank PSM juga berkomitmen tidak akan terlibat dalam agenda politik atau memberikan dukungan kepada pasangan calon presiden dan calon legislatif.

"Red Gank PSM tidak berpihak kepada calon-calon presiden tertentu dan caleg-caleg tertentu serta tetap netral dalam ajang Pemilu dan Pileg, mendukung penuh Pemilu damai, aman dan tertib," unggah Red Gank PSM pada postingan Instagram @redgank.psm.

Seperti diberitakan laman resmi Liga Indonesia Baru, sebelumnya kelompok suporter Persija Jakarta, the Jakmania dan Bobotoh (pendukung Persib) telah lebih dulu menyatakan komitmennya untuk tidak terlibat kegiatan politik yang digagas oleh pasangan calon mana pun.

Pernyataan dari beberapa kelompok suporter itu diharapkan dapat menjadi contoh bagi kelompok suporter lain di Indonesia untuk menjaga netralitas dan menolak politik identitas dalam Pemilu 2024.

Baca Juga : Sesi Latihan Persib Dibatalkan, Bojan Hodak Korbankan Waktu Istirahat Pemain

Beberapa pernyataan dan sikap itu juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya politik identitas, menciptakan suasana Pemilu yang lebih damai dan kondusif, serta menunjukkan bahwa suporter sepak bola dapat berperan aktif dalam menjaga demokrasi dan persatuan bangsa.***

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini