Tiket AFC Cup Baru Bisa Dinikmati Persib Tahun Depan, Begini Reaksi Robert

Tiket AFC Cup Baru Bisa Dinikmati Persib Tahun Depan, Begini Reaksi Robert Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts. (MO Persib)

REPUBLIK BOBOTOH - Pelatih Persib, Robert Alberts merasa tak keberatan dengan tak bisa tampilnya tim Persib di Piala AFC tahun ini.

Pasalnya jatah tampil di ajang kompetisi antarklub Asia, AFC Cup musim 2022 akan digunakan oleh dua tim, yakni PSM Makassar dan Bali United.

Robert menjelaskan, meski Persib nanti menghuni posisi dua klasemen akhir musim, tetap saja tiket lolos AFC Cup jadi milik PSM dan Bali United.

Sebab jatah Persib baru bisa dinikmati pada musim berikutnya, termasuk Bali United yang apabila juara Liga 1 musim ini bisa ikut kembali di ajang Piala AFC.

Seperti yang sudah disampaikan PSSI bahwa jatah kompetisi AFC untuk musim ini diberikan kepada Bali United dan PSM Makassar.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


BACA JUGA: Ketika Rahmad Darmawan Batal Melatih Persib Padahal Sudah Bawa 'Gerbong' dari Persija

BACA JUGA: Kata Pelatih Bali United Soal Laga Persib vs Persik

Bali United terpilih karena berstatus juara kompetisi domestik tahun 2019 dan PSM Makassar selaku juara Piala Indonesia.

"Dari sudut pandang teknis, maka tim yang mewakili adalah dari kompetisi yang sebelumnya. Dan setelah liga musim ini selesai, maka kami yang mewakili AFC musim berikutnya. Itu yang kami pahami," kata Robert pada Rabu, 23 Maret 2022.

Lebih lanjut Robert juga tak akan mempertanyakan jatah yang didapat PSM dan Bali United. Apalagi sebelumnya gelaran Liga 1 harus terhenti lantaran tingginya kasus Covid-19 di Indonesia.

Sekadar diketahui untuk AFC Cup musim 2022, dua jatah tiket untuk Indonesia diberikan kepada Bali United sebagai juara Liga 1 musim 2019 dan PSM Makassar, juara Piala Indonesia 2019. Itu lantaran kompetisi musim 2020 dihentikan di tengah jalan akibat pandemi Covid-19.

"Jadi jika PSM dan Bali menjadi wakil Piala AFC yang sekarang, maka kami tidak mempermasalahkan itu. Karena secara teknis memang kedua tim itu sudah diputuskan sebelumnya dan kami harus melakukan persiapan untuk gelaran AFC yang berikutnya," tutupnya.

Persib hampir dipastikan lolos ke AFC Cup musim 2023-2024. Persib hanya butuh hasil imbang saat menghadapi Persik Kediri di pekan 33 Liga 1, untuk mengamankan tiket lolos ke AFC Cup musim 2023-2024.

Indonesia sendiri di kompetisi antarklub Asia musim 2023-2024 mendapat jatah 1 tiket bertanding di kualifikasi Liga Champions Asia zona timur untuk juara Liga 1 musim 2021-2022.

Sementara runner-up Liga 1, berhak tampil di AFC Cup. Sedangkan peringkat ketiga Liga 1 berstatus menunggu, artinya jika wakil Indonesia lolos ke fase grup Liga Champions, jatah dua tiket di AFC Cup akan diberikan kepada tim runner-up dan peringkat ketiga.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Raffy Faraz | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini