Profil Wasit Laga Bhayangkara FC vs Persib, Kerap Bikin Keputusan Kontroversial

Profil Wasit Laga Bhayangkara FC vs Persib, Kerap Bikin Keputusan Kontroversial Ilustrasi wasit. (Ligaindonesiabaru.com)

REPUBLIK BOBOTOH - Pertandingan pekan pertama Liga 1 musim 2022-2023 antara Bhayangkara FC vs Persib akan digelar di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Minggu malam ini, 24 Juli 2022.

Laga Bhayangkara FC vs Persib pada pekan perdana Liga 1 musim 2022-2023, dijadwalkan akan dilaksanakan pada pukul 20.45 WIB dan disiarkan langsung Indosiar.

Seperti dilansir website resmi PT Liga Indonesia Baru (LIB), duel Bhayangkara FC vs Persib akan dipimpin wasit Armyn Dwi Suryathin yang berasal dari Lubuk Linggau, Sumatera Utara.

Mengutip berbagai sumber, Armyn Dwi Suryathin merupakan wasit yang memulai debut memimpin laga Liga 1 pada musim 2018.

Baca Juga : Tak Diboyong Robert Alberts Ini Kondisi Terkini Bek Ganas Persib Victor Igbonefo


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Lazimnya wasit-wasit di Indonesia yang masih disorot kualitasnya dalam memimpin pertandingan, Armyn Dwi Suryathin juga kerap memicu kontroversi dan menuai kritikan.

Salah satu laga yang membuat Armyn Dwi Suryathin disorot, di antaranya ketika dia memimpin pertandingan Persija vs Bali United pada Liga 1 musim 2018.

Bahkan, Komisi Wasit PSSI menurunkan grade Armyn Dwi Suryathin karena beberapa keputusannya yang dianggap keliru di laga Persija vs Bali United.

Salah satu insiden di laga tersebut adalah saat Armyn Dwi Suryathin bersitegang dengan Kapten Persija Ismed Sofyan.

Baca Juga : Pesan Robert untuk Pemain Muda dan Rekrutan Baru Jelang Laga Kontra Bhayangkara FC

Pertandingan lain yang memunculkan kontroversi saat dipimpin wasit Armyn Dwi Suryathin adalah ketika laga PSS Sleman vs Semen Padang di Liga 1 musim 2019.

Keputusannya menunjuk titik penalti untuk PSS disorot karena Armyn Dwi Suryathin dianggap memberikan penalti 'ghoib' setelah Kushedya Hari Yudo yang saat itu membela PSS, terjatuh di kotak penalti.

Kontroversi lain yang dilakukan Armyn Dwi Suryathin saat memimpin pertandingan Persiraja vs Persela dan Persita vs Bhayangkara FC pada Liga 1 musim lalu.

Keputusan memberi kartu kuning kepada striker Persela, Ivan Carlos, yang dinilai melanggar pemain Persiraja.

Pemain asal Brasil itu marah karena faktanya dia memang tak melakukan pelanggaran, terjatuhnya pemain Persiraja karena berbenturan dengan rekannya sendiri.

"Wasit buta, kembali ke sekolah," tulis Ivan Carlos di Instagram pribadinya.

Baca Juga : Jelang Bentrok Bhayangkara FC, Robert Alberts Sampaikan Target Timnya di Musim Ini

Kemudian saat memimpin laga Persita vs Bhayangkara FC, Armyn Dwi Suryathin membuat pelatih Paul Munster yang membesut The Guardian musim lalu, murka.

Itu setelah Armyn Dwi Suryathin mengganjar Ezechiel N'douassel dengan kartu merah. Paul Munster saat itu, menyebut Armyn Dwi Suryathin tak layak memimpin pertandingan level Liga 1.

Terlepas dari sederet keputusan-keputusan kontroversial yang kerap dilakukannya, tentu publik sepak bola nasional mengharapkan Armyn Dwi Suryathin malam ini, bisa memimpin laga dengan baik untuk menghasilkan kualitas pertandingan yang baik pula.

Saat memimpin laga Bhayangkara FC vs Persib, Armyn Dwi Suryathin akan dibantu empat asisten wasit yakni Karnedi, Asri, Ruli dan Agung Setiawan.

Sementara untuk wasit cadangan adalah Dedek Duha dan Pengawas Pertandingan adalah Alimuddin.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini