Penantian Panjang Persib Akhirnya Terwujud setelah 4 Tahun

Penantian Panjang Persib Akhirnya Terwujud setelah 4 Tahun Ilustrasi, bobotoh menyalakan flare saat Persib hadapi Bali United dalam laga pertama Grup A Piala Presiden 2022 di Stadion GBLA, Minggu 12 Juni 2022. (Adam Husein/Republik Bobotoh)

REPUBLIK BOBOTOH - Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts cukup senang karena penantin panjang Persib dapat terwujud di Liga 1 musim 2022-2023.

Penantian panjangnya tersebut adalah memimpin Persib bertarung di hadapan bobotoh di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, dalam kompetisi resmi.

Menurut Robert Alberts, laga ini sangatlah penting bagi Persib. Pasalnya semua awak di tim Persib sudah sangat menantikan atmosfer laga kandang perdananya dengan dihadiri puluhan ribu suporter.

"Ini pertandingan yang penting bagi kami, ini juga jadi laga kompetitif pertama di GBLA setelah sekian lama," ujar pria asal Belanda itu kepada awak media dalam sesi jumpa pers, Jumat 29 Juli 2022.

Baca Juga : Tutup Rapat Skema, Lefundes: Saya Tak Bisa Kontrol Hasil, Tapi Bisa Kontrol Tim


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


"Saya diberi tahu bahwa sudah 4-5 tahun, kami tidak bermain di GBLA (dalam kompetisi resmi). Ini kesempatan fantastis untuk memulai liga di GBLA apalagi kondisi lapangannya bagus, ini juga stadion yang sangat bagus," ujarnya.

Dalam catatan redaksi REPUBLIKBOBOTOH.COM, pertandingan terakhir Persib di Stadion GBLA dalam kompetisi resmi adalah di Liga 1 musim 2018, tepatnya pada 23 September 2018, saat menghadapi Persija Jakarta.

Dalam laga dramatis itu, Persib yang ditangani pelatih Roberto Carlos Mario Gomez, meraih kemenangan 3-2 yang ditentukan gol Bojan Malisic di menit-menit akhir.

Baca Juga : Kata Kiper Madura United Soal Gol Indah Frets Butuan ke Gawang Bhayangkara FC

Kemenangan tersebut disambut penuh sukacita bobotoh, karena cara atau prosesnya dan lawan yang dihadapi adalah tim rival.

Sayang euforia kemenangan Persib atas Persija seketika menjadi duka karena terjadi insiden di luar Stadion GBLA, di mana seorang pendung Persija meninggal akibat dikeroyok.

Imbasnya Persib mendapatkan hukuman dari Komdis PSSI hingga harus menggelar laga usiran di luar kota dengan jarak tertentu dan juga tanpa penonton.

Setelah bebas hukuman larangan menggelar laga di Bandung, pada Liga 1 musim 2019, Persib tak bisa memakai Stadion GBLA karena konstruksi bangunan stadion berkapasitas 38 ribu penonton itu, bermasalah akibat rusak dan bergeser.

Baca Juga : Berkat IndiHome, Pelanggan Setia Ini Bertemu Rossa untuk Pertama Kalinya

Persib kemudian memilih Stadion si Jalak Harupat sebagai home base, termasuk di ajang Piala Indonesia hingga Liga 1 musim 2020 yang akhirnya dihentikan setelah bergulir 3 pekan pertandingan akibat pandemi Covid-19.

Di Liga 1 musim 2021-2022, Persib tak bermain di Bandung karena kompetisi menerapkan sistem bubble dengan dibagi ke dalam beberapa seri di sejumlah kota.

Kini setelah hampir 4 tahun lamanya, Persib kembali memainkan laga kandang di Stadion GBLA pada kompetisi resmi, meski faktanya stadion di kecamatan Gedebage itu, sudah dipakai kembali menggelar pertandingan uji coba pada 2020, juga jadi venue turnamen Piala Presiden 2022.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Raffy Faraz | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini