Polda Jabar Sudah Siapkan SOP Pengamanan Pertandingan Sepak Bola

Polda Jabar Sudah Siapkan SOP Pengamanan Pertandingan Sepak Bola Kapolda Jabar, Irjen Pol Suntana. (Adam Husein/Republik Bobotoh)

REPUBLIK BOBOTOH - Tragedi Kanjuruhan membuat banyak pihak bergerak melakukan pembenahan, terutama terkait penyelenggaraan pertandingan cabang olahraga sepak bola yang aman dan nyaman.

Seperti dilakukan jajaran Polda Jabar yang menggelar acara Focus Group Discussion (FGD) dengan tema 'Transformasi Persepakbolaan di Tengah Dinamika Fanatisme Suporter' di Grand Pasundan Convention Hotel, Kota Bandung, pada Senin, 10 Oktober 2022.

Dalam acara yang diikuti sejumlah panitia pelaksana pertandingan sepak bola dari sejumlah klub di Jawa Barat dan suporter itu, menghasilkan kesepakatan untuk dijadikan acuan dalam menggelar pertandingan sepak bola di Jawa Barat.

Baca Juga : Ini Tiket Piala Dunia 2022 Yang Paling Diburu oleh Penggemar

Kapolda Jabar, Inspektur Jenderal Polisi Suntana mengatakan, Polda Jabar sudah membuat standar operasional prosedur (SOP) pengamanan penyelenggaraan pertandingan sepak bola.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Dalam SOP keamanan tersebut, Suntana menjelaskan ada sebanyak 106 Pasal yang harus dipatuhi untuk menggelar pertandingan sepak bola.

Menurutnya aturan tersebut juga sudah disepakati semua pihak demi menyukseskan gelaran pertandingan di Jawa Barat.

"Itu rambu-rambu yang kita buat berdasarkan kesepakatan semua pihak, agar menjadi acuan bersama, SOP bersama, dalam penyelenggaraan pertandingan di wilayahnya Jawa Barat," kata Suntana kepada awak media.

Baca Juga : Kapolda Jabar Bentuk Standar Keamanan Untuk Gelaran Sepak Bola di Jawa Barat

"Itu semuanya hasil kesepakatan, lengkap, apa yang dituangkan tadi dalam FGD itu ada di 106 pasal yang kita rencanakan dalam SOP bersama kita ya."

Suntana menambahkan, perlu ada peran dari banyak pihak agar aspek keamanan dapat terealisasi dengan baik. Sehingga tragedi Kanjuruhan tidak kembali terulang di kemudian hari.

"Perlu keterlibatan semua pihak, baik panpel, PSSI pusat, bobotoh atau pendukung, dan pihak-pihak yang lain, untuk menjamin pertandingan berjalan aman dan nyaman, serta lancar sesuai yang diharapkan," tutupnya.

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Raffy Faraz | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini