AP 7 dan Velocitas Raih Juara di Bandung Futsal League U-17

AP 7 dan Velocitas Raih Juara di Bandung Futsal League U-17

REPUBLIK BOBOTOH - Kompetisi futsal bertajuk Bandung Futsal League (BFL) U-17 2023 sudah mendapatkan pemenangnya. Digelar terpusat selama dua bulan lebih di lapangan Futsal Queen Bandung, Jalan Brigjen Katamso, Kota Bandung, kompetisi ini disambut meriah oleh tim peserta.

Untuk Divisi Satu BFL U-17, dimenangkan oleh Velocitas usai mengalahkan Pawang Pos Baris dengan skor 3-2. Sedangkan untuk pemenang Divisi Utama BFL U-17 diraih oleh AP 7 yang sukses meraih kemenangan meyakinkan di partai puncak saat berhadapan dengan NFC Jajaka.

Sesuai tujuan dari ajang tersebut, Ketua Asosiasi Futsal Kota (AFK) Bandung, Afwan Abdul Gofur menerangkan ada banyak bibit pemain futsal yang bisa dibidik dalam ajang ini. Menurutnya ajang ini dapat mempermudah tim pemandu bakat AFK Bandung untuk memantau pemain futsal potensial.


Baca Juga: Selamatkan Persib dari Kekalahan, David Da Silva: Kami Tetap Fight di Laga Tandang


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


"Alhamdulillah melihat secara keseluruhan memenuhi ekspektasi, beberapa klub memunculkan bibit-bibit baru yang berpotensi bisa dipanggil ke tim selekda Kota Bandung untuk persiapan Porprov 2026," kata Afwan kepada awak media pada Sabtu, 2 September 2023 di Queen Futsal.

Afwan menambahkan ada puluhan nama yang sudah dikantongi tim pencari bakat dari AFK Bandung untuk nantinya akan menjadi bagian dari tim Porprov Kota Bandung 2026. Dari puluhan nama tersebut, semuanya merupakan nama-nama baru karena kompetisi ini baru pertama kali digelar.

"Dari hasil talent scouting sudah ada 40 nama, sudah masuk. Tapi tentu nanti dikerucutkan karena jumlah atletnya juga ada 515. Ya tentu untuk tim Kota Bandung-nya baru, memang sebelumnya tidak ada kompetisi usia U-17, baru tahun ini," imbuh Afwan.


Baca Juga: Komentar Bojan Hodak Setelah Persib Bandung Tahan Imbang Persija Jakarta

Selain itu juga ajang ini bisa dimanfaatkan tim BFL U-23 untuk menambah jam terbang bermain para pemain mudanya. Apalagi ada beberapa pemain di usia 17 tahun yang juga akan mentas di ajang BFL U-23 pada bulan ini.

Ini tentu akan menjadi kesempatan berharga, baik bagi pemain maupun tim peserta BFL U-23 itu sendiri. Dengan demikian roda regenerasi dari setiap tim bisa tetap berjalan lewat pembinaan usia di kelompok umur.

"Saya lihat ada beberapa pemain di kompetisi U-17 ini didaftarkan juga di usia 23. Tentu mungkin secara mata pelatih mereka mempunyai kualitas dan saya sebagai ketua futsal bangga, jam terbang mereka di pertandingan juga semakin meningkat tentunya," tutur Afwan.

Menurut Ketua KONI Kota Bandung, Nuryadi mengatakan sangat bangga atas gelaran kompetisi BFL U-17 ini. Menurut Nuryadi ini merupakan langkah awal bagi para bibit pemain futsal di Kota Bandung untuk mengembangkan potensinya lewar ajang seperti ini.

"Saya bangga dan bahagia, anggota KONI Kota Bandung salah satunya futsal adanya kegiatan ini. Prestasi tidak datang dengan sendirinya. Ada proses latihan, dan futsal Kota Bandung terus berupaya memberikan wadah untuk diraih. Kami berikan applause untuk futsal Kota Bandung, " ujar Nuryadi dalam sambutannya.

Ia berharap sambutan baik akan adanya ajang ini dapat mempertahankan tradisi futsal Kota Bandung sebagai pencetak pemain futsal untuk level nasional.

"Futsal kota bandung dalam beberapa tahun kebelakang telah memberikan pencapaian luar biasa meski di porprov belum medali emas tapi kota bandung selalu menyiapkan seperti di Porprov di Bogor. Dan inilah yang akan bertarung di Porprov 2026,” tutupnya.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Raffy Faraz | Editor: Teguh Nurtanto

Piksi

Berita Terkini