Jabar Sabet Semua Nomor, Loloskan Semua Pecaturnya ke PON XXI/2024 di Aceh dan Sumut

Jabar Sabet Semua Nomor, Loloskan Semua Pecaturnya ke PON XXI/2024 di Aceh dan Sumut Babak Kualifikasi PON XXI/2024 cabang olahraga catur Putri dan Babak Playoff Putra yang digelar di Grand Pasundan, Kota Bandung, 25-30 November 2023. (Ist)

REPUBIKBOBOTOH.COM - Jawa Barat berhasil menyabet semua nomor di Babak Kualifikasi PON XXI/2024 cabang olahraga catur Putri dan Babak Playoff Putra yang digelar di Grand Pasundan, Kota Bandung, 25-30 November 2023.

Jabar sebagai tuan rumah Babak Kualifikasi PON XXI/2024 cabang olahraga catur putri dan Babak Playoff putra PON XXI/2024 ini mendapat dukungan dari Super Challenge, dimana keterlibatanny di ajang ini merupakan bentuk dukungan balik kepada Percasi Jabar.

Sebelumnya Percasi Jabar mendukung langsung gelaran Super Challenge Super Chess National Tournament di Bandung pada Juli 2023 lalu.

Dalam gelaran itu Jawa Barat juga sukses menempati rangking pertama dan meloloskan para pecaturnya ke PON XXI di Aceh dan Sumut tahun 2024, mendatang.

Baca Juga : TERPOPULER: Foto-foto Latihan 3 Pemain Anyar, Henhen Terkejut Keputusan Persib Hingga Bicara Perbedaan Bojan dan Luis Milla


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Dalam nomor perorangan putri, Women Grand Master (WGM), Irene Kharisma Sukandar tidak tertandingi dan menempati peringkat pertama dalam Babak Kualifikasi Putri yang memperebutkan 8 tiket dari 20 tiket yang diperebutkan menuju PON XXI/2024 di Aceh dan Sumut.

Sendangkan tujuh tiket lainnya masing-masing diraih, Women International Master (WIM) asal Kaltim, Chelsea Monica Sihitte. Women Nasional Master (WNM) asal Papua, Ivana Lasama.

Women International Master (WIM) Umi Fisabillah dari DKI Jakarta. Women Fide Master (WFM), Baiq Vina Lestari asal NTB. Shafira Devi Hafsera dari DIY. Tri Utama dari Kalbar dan Women Fide Master (WFD), Ananda Astri Harsono dari Jawa Timur.

Selanjutnya di nomor beregu putri, regu Jawa Barat tidak terbendung dan berhasil merebut satu tiket PON XXI/2024 atas nama, Diajeng T Singgih, Medina Warda Aulia, Dita Karenza, Regita Dasari Putri serta Dewi A Citra setelah menempati rangking teratas.

Baca Juga : Prediksi Susunan Pemain Persib vs PSM Makassar, Kevin Mendoza dan Stefano Baltrame Langsung Diturunkan?

Pada nomor beregu putri juga memperebutkan 8 tiket ke ajang PON XXI/2024. Tujuh provinsi lain yang berhasil merebut tiket di antaranya, regu Jawa Timur, DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Tengah, Sulawesi Tengah serta Lampung.

Sedangkan di Babak Playoff perorangan putra satu tiket untuk Jawa Barat berhasil diraih Fide Master (FM) Arief Abdul Hafiz melalui catur cepat melawan pecatur sesama Fide Master, Khairul Anam dari Jawa Timur.

Secara keseluruhan, Arief Abdul Hafiz menempati peringkat atas di nomor perorangan putra. Disusul, Khairul Anam di peringkat kedua. Pada nomor putra ini juga memperebutkan 8 tiket ke PON XXI/2024.

Sementara enam pecatur lainnya sudah lebih dulu lolos di Babak Kualifikasi di Yogyakarta yaitu, Nasional Master (NM), Zaky Dhianulhaq dari Sulawesi Tengah, Andi Juandra (Bengkulu), Fide Master (FM), Hani Marentek (Papua Barat), Nasional Master (NM), Ruby Tamono, pecatur Kalimantan Utara, Michael Owen (OC), serta Nasional Master (NM), Amrin Ali (Maluku).

Babak Kualifikasi nomor perorangan putera terbagi ke dalam lima zona. Sebelumnya, Arief masuk dalam Babak Kualifikasi zona Jawa dengan tuan rumah DIY. Tetai, Arief hanya menempati peringkat ketiga dimana peringkat ketiga dan keempat wajib masuk Babak Playoff.

Baca Juga : Henhen Bicara Perbedaan Karakter Bojan Hodak dan Luis Milla

Di Babak Playoff putra nomor beregu mololoskan dua provinsi yakni, DKI Jakarta dan Provinsi Banten. Sisanya yang sudah lebih dulu lolos yakni, regu Kalimantan Timur, Bali, Riau, Papua Barat, Sumatera Barat serta Nusa Tenggara Timur.

Keberhasilan para atlet Jawa Barat di semua nomor yang diikuti langsung mendapat apresiasi Percasi Jawa Barat. Maklum, dalam Babak Kualifikasi Putri dan Babak Playoff Putra PON XXI/2024, itu, bukan saja meloloskan namun menempatkan semuanya di rangking pertama.

"Jelas kita sangat gembira, karena bukan saja lolos semuanya, tapi semua menempati peringkat pertama. Alhamdulilah, ini pencapaian yang patut kita apresiasi untuk atlet-atlet kita, dimana perorangan putri, perorangan putra playoff dan regu putri semua di peringkat pertama, dan target kita memang harus kesatu dan semuanya tercapai," kata Sekretaris Umum Percasi Jawa Barat, Dicky Iman Firmansyah, Kamis 30 November 2023.

Menurut Dicky, para atlet catur Jawa Barat yang tampil di ajang Babak Kualifikasi tersebut kesemuanya adalah tim inti. Pada PON XXI/2024 nanti kata Dicky, kuota delapan provinsi yang lolos Babak Kualifikasi akan di tambah dua oleh tuan rumah Aceh dan Sumut yang memperoleh wild card.

"Dengan hasil akhir di Babak Kualifikasi dan Playoff, kami optimistis akan memenuhi target sesuai fakta integritas yang kita buat yaitu merebut enam medali emas di PON 2024 mendatang," kata Dicky menambahkan.

Baca Juga : Henhen Mengaku Terkejut dengan Keputusan Persib

Prestasi cabang olahraga catur Jawa Barat di ajang PON terbilang mentereng. Sejak PON/2008 Kaltim, PON/2012 Riau, PON/2016 Jawa Barat dan PON/2021 Papua, Jawa Barat menjadi provinsi yang belum terkalahkan.

"Jadi, jika kita kembali juara umum di PON Aceh dan Sumut, berarti itu gelar juara umum kita yang kelima kalinya secara berturut-turut," tuntsa Dicky Iman Firmansyah.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Daddy Mulyanto | Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini