Jejak Singkat Karir Pelatih Eropa ke-8 di Persib: Radovic Tak Tahan Tekanan Bobotoh!

Jejak Singkat Karir Pelatih Eropa ke-8 di Persib: Radovic Tak Tahan Tekanan Bobotoh! Dokumen: Komisaris PT Persib Kuswara S Taryono berbincang dengan Pelatih Miljan Radovic. (Kris Andieka)

REPUBLIKBOBOTOH - Miljan Radovic adalah pelatih berdarah Eropa kedelapan yang menjadi pelatih Persib senior yang mundur karena tak kuat dengan tekanan bobotoh.

Radovic adalah warga negara Montenegro yang ditunjuk menjadi pelatih Persib pada 9 Januari 2019 setelah Persib mengakhiri kerja sama dengan Mario Gomez.


Sebelum Radovic, ada tujuh pelatih lainnya yang berasal dari Eropa yang menjadi pelatih Persib, yakni Marek Janota, Marek Andrezj Sledzianowski, Arcan Iurie, Daniel Darko Janackovic, Jovo Cuckovic, Drago Mamic dan Dejan Antonic.

Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Sebagaimana diberitakan laman resmi Persib, Radovic awalnya didatangkan untuk mengisi kursi direktur teknik untuk skuad senior, Diklat dan Akademi Persib.

Hanya berselang dua bulan, ia diangkat menjadi pelatih kepala menggantikan Djadjang Nurdjaman yang hengkang akibat tak tahan tekanan Bobotoh.

Radovic memulai petualangannya sebagai pelatih Pangeran Biru di babak 32 besar turnamen Piala Indonesia 2018/2019 menghadapi Persiwa Wamena.

Sejak resmi menjabat pada 9 Januari lalu, Radovic telah melakoni 8 pertandingan dengan catatan hanya meraih 2 kemenangan, 3 seri, dan 3 kekalahan.

Kemenangan itu sendiri diraih dari dua tim yang notabene memang memiliki kualitas di bawah Persib yaitu Persiwa Wamena (di Piala Indonesia) dan Perseru Serui (Piala Presiden 2019).

Bukan sekadar melihat dari hasil akhir, bobotoh pun menyoroti pola permainan Persib yang tak berkembang.

Apa yang dilihat di lapangan tak seperti apa yang berulang kali Radovic ucapkan bahwa Persib di bawah arahannya akan menerapkan gaya tiki-taka.

Pria berusia 43 tahun itu bahkan sempat mengalami kejadian tak mengenakan saat Persib menelan kekalahan dari Persebaya di ajang Piala Presiden 2019.

Saat itu Radovic diserang oleh seorang bobotoh yang merangsek ke lapangan. Beruntung orang-orang di sekitarnya sigap mengamankan.

Meski mampu membawa Persib lolos ke babak 8 besar Piala Indonesia setelah menyingkirkan Persiwa dan Arema FC, Radovic gagal menunjukkan hasil positif dalam Piala Presiden 2019.

Pada turnamen pramusim tersebut, Supardi Nasir dan kawan-kawan hanya menang satu kali melawan Perseru Serui dan sisanya kalah dari Persebaya Surabaya dan Tira Persikabo.

Setelah berjalan sekitar 3 bulan, pujian dan harapan justru berubah menjadi hujan kritik yang terus terlontar untuk Radovic.

Bahkan sudah ada nama Robert Rene Alberts, eks-pelatih PSM Makassar, yang disebut-sebut akan menggantikan Radovic.

Sehari sebelum pertandingan leg kedua babak 8 besar kontra Borneo FC, Radovic memilih meninggalkan Persib dengan alasan melanjutkan kursus kepelatihan UEFA Pro.

Posisinya pun digantikan oleh pelatih asal Belanda Robert Alberts yang hingga kini masih dipertahankan manajemen Persib. (Kris Andieka)

Video

https://www.youtube.com/watch?v=JMO3r33D3d8

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini