Marc Klok Sebut Mindset Keamanan dan Suporter Harus Berubah

Marc Klok Sebut Mindset Keamanan dan Suporter Harus Berubah Marc Klok (Adam Husein/Republik Bobotoh)

REPUBLIK BOBOTOH - Gelandang Persib, Marc Klok mengaku sedih atas tragedi di Stadion Kanjuruhan yang merenggut banyak korban jiwa. Menurut Marc Klok tragedi Kanjuruhan, bukan hanya menjadi duka masyarakat Indonesia, juga bagi dunia.

Tentunya semua pihak harus menjadikan tragedi ini sebagai pelajaran. Pasalnya ada banyak pihak yang dirugikan atas peristiwa yang terjadi di Stadion Kanjuruhan pada Sabtu 1 Oktober 2022.

Dari sederet kerugian tersebut, Marc Klok menilai tragedi ini harus dijadikan contoh bagi para suporter untuk mengubah pola pikir. Yang mana para suporter harus lebih bijak dalam menanggapi hasil agar kejadian serupa tak terjadi lagi.

Baca Juga : Jalan ke Piala Asia U-17 Terbuka Lebar, Timnas Indonesia Diminta Tetap Fokus

"Ini tragedi yang besar saya pikir kita harus belajar dari momen ini juga, dan momen ini ga bisa datang lagi di Indonesia, untuk suporter belajar mindset suporter sangat penting," kata eks pemain FC Utrecht itu pada Kamis, 6 Oktober 2022.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


"Pasti kita tidak senang kalau tim kita kalah atau pemain punya masalah. Yang penting suport yang bagus adalah kalau kita menang tapi juga kalau kalah itu penting," ucapnya.

Marc Klok memahami kecintaan suporter terhadap timnya memang begitu besar. Sehingga akan ada banyak suporter yang ingin meminta penjelasan secara langsung, ketika performa timnya tak kunjung membaik.

Namun cara suporter masuk ke lapangan untuk bertanya akan hasil minor tersebut bukanlah respon yang bijak bagi suporter. Pasalnya ada jalan lain yang bisa ditempuh suporter agar kedua belah pihak dapat duduk bersama.

Baca Juga : Ini Alasan Luis Milla Istirahatkan Skuad Persib

"Kalau punya emosi jangan sampai kita masuk lapangan, ini sepak bola yang semua cinta, tidak ada tempat untuk fight dengan pemain atau suporter dengan polisi," imbuhnya.

Namun di samping itu juga, Klok berharap pola pikir pihak keamanan di stadion juga bisa diubah. Marc Klok berharap seluruh suporter bisa belajar banyak atas tragedi tersebut.

"Tapi juga mindset polisi dan security di stadion di negara ini, semoga suporter belajar dari momen ini, pasti kita punya emosi dari tim kita," tutupnya.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Raffy Faraz | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini