Bobotoh Akan Gelar Koreo Dukung Palestina, Ini Daftar 5 Kelompok Suporter Yang Sudah Beri Dukungan untuk Palestina

Bobotoh Akan Gelar Koreo Dukung Palestina, Ini Daftar 5 Kelompok Suporter Yang Sudah Beri Dukungan untuk Palestina Ilustrasi, Bobotoh saat menyaksikan pertandingan Persib. (Kris Andieka/Republik Bobotoh)

REPUBLIK BOBOTOH - Bobotoh berencana akan menggelar koreografi kemanusiaan di laga kandang melawan Arema FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Kota Bandung pada Rabu 8 November 2023.

Melalui Viking Persib Club (VPC), dengan bertemakan "Our Voices Never Be Silenced", koreografi tersebut ditujukan untuk masyarakat Palestina yang saat ini sedang dilanda konflik berkelanjutan dengan Israel.

VPC rencananya akan membuat koreografi bendera Palestina dengan terdiri dari empat warna yaitu merah, hijau, putih dan hitam.

"Ini ditujukan sebagai bentuk empati dari temen-teman VPC. Kami tahu dan melihat kejadian di Gaza merupakan salah satu bentuk tragedi kemanusiaan," ujar Humas VPC, Hendri Darmawan dikutip dari Tribunjabar.id pada Minggu 5 November 2033.

Baca Juga : UPDATE Jadwal Pekan 19 Liga 1 Persib Vs Arema, Siaran Langsung, Kick Off dan Live Streaming


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Meskipun bertentangan dengan Regulasi Liga 1 2023/2024 dan Kode Disiplin PSSI 2023, VPC berencana akan tetap memasang 4000 hingga 5000 bendera Palestina di Stadion GBLA saat melawan Arema FC nanti.

"Kami hanya ingin menunjukkan empati dan dukungan kami untuk menghapus segala bentuk penjajahan, dan segala bentuk tragedi kemanusiaan harus segera dihentikan," tegasnya.

Gempuran Israel terhadap warga Palestina memang mengundang amarah publik. Di saat yang bersamaan, dukungan terhadap Palestina terus mengalir hingga ke stadion sepak bola.

Dalam beberapa pertandingan, kelompok suporter pun menyampaikan dukungan terhadap warga Palestina. Simpati untuk Palestina disampaikan oleh komunitas suporter di seluruh dunia.

Rata-rata mereka membentangkan dan mengibarkan bendera Palestina, serta menyerukan protes terhadap Israel.

Berikut daftar lima kelompok suporter yang telah menyatakan dukungan terhadap Palestina seperti dilansir cnnindonesia.com.

Baca Juga : Viking Siapkan Kejutan di Laga Persib Kontra Arema

1.Suporter Glasgow Celtic

Suporter klub Skotlandia, Glasbow Celtic mengibarkan ribuan bendera Palestina pada pertandingan Liga Champions kontra Atletico Madrid pada Kamis 26 Oktober 2023.

Mereka menyatakan sikap tegas usai pihak klub memberi imbauan untuk tidak secara terbuka menyampaikan dukungan terhadap salah satu pihak di stadion.

Para suporter justru membentangkan bendera Palestina raksasa di sisi utara tribun. Sedangkan di bagian tribun yang lain para penonton mengibarkan ribuan bendera kecil.

Tak hanya memberikan dukungan visual, suporter Celtic juga menyanyikan 'You'll Never Walk Alone' untuk warga Palestina.

Di satu sisi, sikap ini dikabarkan bakal membuat suporter Celtic terancam mendapat sanksi dari UEFA. Namun pihak suporter menyatakan bakal menghadapi konsekuensi tersebut.

2. Suporter Deportivo Palestino

Sudah menjadi kebiasaan bagi suporter klub asal Chile, Deportivo Palestino, untuk memberikan dukungan terhadap Palestina.

Klub yang berdiri pada 1920 itu merupakan bentukan komunitas imigran Palestina di Chile. Hingga saat ini, nilai-nilai Palestina masih bertahan dengan kuat.

Pada pertandingan, suporter Deportivo Palestino membawa berbagai bentuk dukungan terhadap Palestina mulai dari bendera, hingga kafayeh yang biasa dipakai warga Palestina.

Tak hanya suporter, pihak klub juga secara terbuka memberi dukungan terhadap Palestina. Itu terlihat dari warna jersey berwarna merah, hijau, putih, dan hitam seperti bendera Palestina.

Desain nomor punggung juga menyerupai peta Palestina. Sebelum bertanding para pemain juga kerap mengenakan kafayeh sebagai bentuk solidaritas.

Baca Juga : Yana Umar Comeback Jadi Dirigen di Laga Persib vs Arema, Ini Pesannya untuk Bobotoh

3. Suporter Arsenal

Kelompok suporter Arsenal di Timur Tengah dan Afrika Utara mengecam sikap klub terhadap gempuran Israel terhadap Palestina.

Pernyataan klub dianggap mengaburkan keadaan di Palestina ketika Israel melancarkan serangan hingga jatuh ribuan korban sipil termasuk anak-anak.

Pernyataan gabungan suporter Arsenal di negara-negara Arab turut mendapat dukungan dari suporter Arsenal di Meksiko. Ini mengisyaratkan tak sedikit fans The Gunners yang ingin menyampaikan solidaritas terhadap Palestina.

Sebelumnya pemain Arsenal Oleksander Zinchenko menuai protes karena memberi dukungan terhadap Israel. Sementara pemain Arsenal lain Mohamed Elneny menyatakan sikapnya untuk mendukung Palestina.

4. Suporter Liverpool

Sebagian suporter Liverpool mengibarkan bendera Palestina pada pertandingan derby Merseyside kontra Everton di Stadion Anfield pada Sabtu 21 Oktober 2023.

Sikap itu diberikan usai bintang Liverpool, Mohamed Salah mengunggah video tentang dukungannya terhadap Palestina dua hari sebelum pertandingan.

Mo Salah menyampaikan pesan kepada dunia untuk ikut memberi simpati kepada Palestina.

Pemain asal Mesir itu sudah berkali-kali menyampaikan protes terbuka terhadap gempuran Israel kepada warga Palestina. Ia juga pernah mengunggah sebuah foto ketika mengunjungi Palestina beberapa tahun lalu.

Beberapa suporter akhirnya memberikan sikap serupa dengan Mo Salah di stadion meski operator Liga Inggris melarang pembentangan bendera baik Palestina ataupun Israel.

Sebagian penonton pun mengakali bentuk dukungan terhadap palestina. Terdapat spanduk yang bertuliskan 'For God's Sake, Save Gaza' yang berarti 'Demi Tuhan, Selamatkan Gaza'.

Baca Juga : Persib vs Arema, Siap-siap Bobotoh Bakal Bikin Stadion GBLA Lebih Berisik

5. Suporter Osasuna

Suporter Osasuna membentangkan ratusan bendera Palestina di pertandingan La Liga kontra Granada pada Sabtu 21 Oktober 2023 lalu.

Selain sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina, suporter Osasuna juga ingin memberikan protes kepada striker Granada, Shon Weissman yang mendukung Israel.

Weissman dianggap telah mendukung serangan Israel ke Palestina sebagai balasan atas serangan yang dilakukan Hamas sebelumnya.

Granada telah melakukan pembicaraan khusus dengan Weissman soal komentar kontroversial tersebut. Tim memutuskan untuk mengistirahatkan sang pemain dalam pertandingan kontra Granada.

Demi keamanan, Shon Weissman tidak ikut ke dalam rombongan tim saat bertandang ke markas Osasuna. Kendati demikian suporter Osasuna tetap menyuarakan sikap mereka.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini